Faktor Penyebab Banjir ~ Banjir Yang Sering Terjadi

Hujan mulai turun, meski masih sesekali diselingi dengan panas terik, tapi intensitas hujan sudah mulai tinggi. Tak jarang, hujan yang turun dengan deras mengakibatkan banjir di berbagai wilayah, terutama yang sudah menjadi langganan banjir seperti Jakarta. Hampir setiap musim hujan beberapa wilayah di Jakarta selalu kena banjir.

Banyak yang mengeluhkan adanya banjir, karena memang banyak dampak yang bisa ditimbulkan saat terjadi banjir, seperti timbulnya penyakit dan terhambatnya aktifitas sehari-hari. Padahal, untuk wilayah tertentu seperti di Jakarta, hampir setiap tahunnya selalu tergenang banjir. Tapi entah mengapa hal tersebut tak lantas membuat jera.
Banjir di jalan raya
Banyak faktor yang mengakibatkan banjir terjadi, bisa dari tata kota yang salah, saluran yang mampet, sungai yang dangkal, curah hujan yang tinggi, dan masih banyak faktor lainnya. Bila digaris bawahi, mungkin faktor manusia paling dominan. Bangunan yang banyak berdiri terkadang kurang memperhatikan sistem drainase lingkungan, penataan lingkungan yang keliru bisa menjadi fatal bila tidak segera diambil solusi.

Baca juga: Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan

Beberapa faktor penyebab banjir, diantaranya adalah:
  • Penebangan hutan yang membabi buta bisa jadi faktor penyebab banjir, karena resapan air menjadi berkurang.
  • Banyak orang yang dengan seenaknya sendiri membuang sampah di saluran atau sungai, sehingga aliran air terhambat dan akhirnya air meluap. Selain bisa menghambat aliran air, pembuangan samah di sungai atau saluran bisa mengakibatkan pendangkalan, sehingga sungai atau saluran tak mampu lagi menampung debit air yang terlalu besar, dan akhirnya meluap dan terjadi banjir.
  • Perencanaan saluran yang keliru. Bisa jadi, pada saat membangun saluran kurang memperhatikan hulu-hilir, tinggi-rendah, dimensi saluran, dsb.
  • Saluran air tidak berfungsi karena sudah rusak atau tertutup
  • Tidak ada daerah resapan, lahan sudah diperkeras sehingga air tidak bisa meresap kedalam tanah
Selain beberapa faktor diatas, masih banyak lagi faktor lainnya, tapi terkadang kepedulian yang kurang membuat orang saling menyalahkan bila banjir sudah terjadi. Semua butuh kesadaran bersama, tak bisa mengandalkan pemerintah saja untuk mengatasi banjir yang sering terjadi. Semoga saja permasalahan banjir di negeri ini bisa segera teratasi.

Advertisement

Post a Comment