Membuang Sampah Sembarangan

Sampah, mendengar namanya saja kita sudah bisa membayangkan bagaimana wujud dari benda ini. Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Jenis sampah sendiri ada sampah organik dan non organik.
Membuang sampah di sungai
Dengan semakin berkembangnya pemukiman, dan semakin minimnya lahan untuk tempat sampah, maka banyak orang yang sering berfikir praktis dengan membuang sampah di sembarang tempat. Padahal, bisa jadi kebisaan membuang sampah sembarangan tersebut menimbulkan permasalahan baru.

Tempat yang merupakan sasaran empuk untuk membuang sampah adalah sungai, bisa juga saluran air yang ada di sekitar tempat pemukiman. Ada banyak alasan, namun apapun alasannya, tetap saja membuang sampah tidak pada tempatnya merupakan sebuah kebiasaan buruk.

Banyak kasus banjir yang bila dirunut akar permasalahannya bisa jadi karena sampah, mulai tersumbatnya aliran air oleh tumpukan sampah, pendangkalan saluran atau sungai karena sampah, dan sebagainya. Inilah realita yang sering kita temukan, meskipun tak ada yang mau disalahkan, karena semua butuh kesadaran dan perlu kerja keras dari semua fihak untuk mengatasi permasalahan sampah di negeri ini.

Advertisement

Post a Comment