Pantai Madasari Pangandaran, Tempat Camping yang Asyik

Advertisement
Jika selama ini Anda hanya mengenal Pantai Pangandaran, maka ada baiknya Anda mengunjungi Pantai Madasari Pangandaran, apalagi jika Anda ingin camping bersama teman atau keluarga di pinggir pantai, maka pantai Madasari bisa dijadikan alternatif. 
Dirangkum dari media online lokal Pangandaran, Pantai Madasari dikenal warga setempat dengan nama Bulben atau Bulak Benda. Datang ke Pantai ini, Anda akan disuguhi panorama alam menawan yang dihiasi dengan pulau-pulau kecil berpadu dengan hijaunya dataran Masawah. Keindahan pantai ini juga semakin lengkap dengan hiasan batu-batu karang yang unik dan pantainya yang cukup landai.

Akses Menuju Pantai Madasari

Pantai Madasari ini berada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Letaknya di perta ada di sebelah selatan Pantai Batu Karas. Jaraknya dari Pantai Batu Karas pun hanya 18,5 km. Jika Anda menggunakan kendaraan, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Pantai Madasari dari Pantai Batu Karas.
Jika Anda suka berpetualang Anda bisa berjalan kaki karena ada jalan setapak yang menghubungkan Batu Karas dan Madasari, namun jaraknya cukup jauh, yakni 13 km. Anda setidaknya memerlukan waktu 2 jam 40 menit untuk sampai ke Pantai Madasari dengan berjalan kaki dari Pantai Batu Karas. 
Pantai ini dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan, dari pusat Kota Pangandaran, Pantai Madasari bisa ditempuh dalam waktu 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute yang bisa Anda lalui dari pusat kota Pangandaran ambil arah ke Cimerak, lewat objek wisata Pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Lalu dari Cimerak Anda bisa lurus menuju Legok Jawa, dari sana Anda ambil jalan ke kiri menuju Bulak Benda hingga terus ke Pantai Madasari.

Sementara rute lainnya, dari Cimerak bisa langsung belok kiri menuju desa Masawah, teruskan sampai Bulakbenda, lalu menuju Pantai Madasari. Namun jika Anda ingin ditemani pemandangan indah selama perjalanan, Anda bisa mengambil jalur Legok Jawa. 

Harga Tiket Masuk Pantai Madasari

Anda cukup membayar Rp. 2.500 untuk tiket masuk jika datang ke Pantai Madasari sebagai pejalan kaki, namun jika menggunakan sepeda motor tiket yang harus Anda bayar Rp 7.500. Sementara jika Anda mengendarai kendaraan sejenis jip, sedan dan kijang, tiket masuk Rp. 19.000 saja. Jika menggunakan bus kecil, tiketnya Rp. 36.000. 

Sementara bus sedang tiket masuk yang harus dibayar, Rp 68.000. Lalu Jika Anda datang bersama rombongan dengan bus besar, Anda hanya perlu membayar Rp. 83.500 untuk masuk ke Pantai Madasari.

Dengan tiket yang cukup murah, Anda bisa menikmati berbagai sarana yang ada di Pantai Madasari, yakni Camping Ground, Area Parkir, Gazebo dan juga toilet.

Camping di Pantai Madasari

Pantai Madasari cocok dijadikan sebagai tempat camping. Pasalnya, banyak lokasi hamparan rumput di sekitar pantai yang bisa dijadikan sebagai camping ground.

Anda juga bisa datang bersama rombongan atau menjadikan Pantai Madasari untuk tempat gathering. Lokasinya sangat pas untuk kegiatan outbond atau untuk melakukan game-game yang biasa dilakukan dalam acara gathering.
Kegiatan camping Anda bisa dilengkapi dengan penjelajahan alam sekitar Pantai Madasari. Anda bisa berpetualang di pulau-pulau kecil yang tersebar di pinggir pantai. Setidaknya ada 6 pulau yang dihiasi hamparan bebatuan yang ada di Pantai Madasari, yakni Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai.

Jika Anda beruntung, saat menjelajah alam di seputar kawasan Pantai Madasari, Anda akan menemukan hewan-hewan liar yang hampir munah, spserti ayam hutan atau cangehgar. Jangan lupa untuk mengabadikan penemuan Anda saat berpetualang di Pantai Madasari ini.

Selesai berpetualang dan menjelajahi kawasan sekitar Pantai Madasari, Anda bisa melepas penat ditemani hamparan pasir dan semilir angina Pantai Madasari. Dijamin Anda akan ketagihan saat mendapati ombak bergulung layaknya orchestra yang menenangkan jiwa. Selain itu, percikan air laut yang membentur karang dan kemudian pecah tak beraturan ke arah langit biru akan menyegarkan pandangan Anda.

Dari balik tenda camping, Anda juga bisa menikmati senja di Pantai Madasari sambil dihibur oleh sekumpulan burung-burung yang akan bermalam di pulau karang di tengah laut. Namun, ketika Anda berjalan-jalan di hamparan pasir Pantai Madasari, tetaplah berhati-hati, karena apabila air pantai surut, ada banyak bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak.

Hempasan ombak yang mencapai tinggi 5 meter hingga 6 meter membuat Pantai Madasari juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berselancar. Bagi Anda yang mencari keheningan alam, camping di Pantai Madasari Pangandaran, Jawa Barat ini bisa jadi alternatif. Selain keindahan alamnya yang masih alami, di area pantai juga sudah tersedia berbagai sarana  umum, seperti Mushola dan Tolilet. Hal ini tentu akan mempermudah aktivitas Anda selama camping di Pantai Madasari.

Nah, jika Pantai Pangandaran sudah kerap Anda kunjungi atau pada hari-hari tertentu dipadati sejumlah wisatawan, cobalah berwisata ke Pantai Madasari Pangandaran, Anda bisa sekalian camping, menjelajah alam atau bahkan berselancar. 

Advertisement

Post a Comment