Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deretan Nama Legenda Sepak Bola Dunia

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari di seluruh penjuru dunia. Ini fakta. Disadari atau tidak, mulai anak-anak sampai orang tua sekalipun dengan mudahnya menemukan penggemar klub atau negera dengan berbagai karakter dan latar belakang. Fanatisme pada olah raga si kulit bundar ini terkadang juga tak bisa masuk dalam logika. Banyak orang yang rela mengorbankan waktu, tenaga, harta, demi mendukung tim kesayangan mereka.

Tanpa bermaksud mengungkit hal-hal kelam di dunia sepak bola, faktanya tidak sedikit nyawa yang hilang karena sepak bola. Belum hilang dari ingatan ketika ratusan nyawa hilang saat tragedi memilukan di Stadion Kanjuruhan beberapa waktu yang lalu. Belum lagi pada peristiwa-peristiwa sebelumnya yang juga memakan korban nyawa. Semoga tidak ada lagi korban jiwa akibat dampak langsung maupun tidak langsung dikarenakan sepak bola.

Ilustrasi. Gambar oleh UnCafePorFavor dari Pixabay.com

Bicara pemain bola, tentu tidak akan ada habisnya, dirunut satu persatu pun juga tak akan kehabisan bahan pembicaraan. Hal ini dikarenakan ada jutaan pemain sepak bola profesional yang ada diseluruh dunia. Agar lebih mudah, misalnya mau membicarakan pemain bola bisa dilihat dari bahasan tertentu, prestasi misalnya. Pemain-pemain yang memiliki kemampuan olah bola jempolan, ditambah dengan prestasi yang mereka torehkan akan menjadikan mereka sebagai legenda. Ya, legenda sepak bola.

Tanpa bermaksud membandingkan satu dengan yang lain, hanya sekedar memunculkan beberapa nama legenda sepak bola yang namanya melekat dan sering disebut. Misalkan saja saat menyebut nama Pele, orang akan langsung ingat akan kehebatan dan prestasi-prestasinya. Pemain asal Brasil yang memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento atau biasa disebut Pele, merupakan legenda sepak bola yang mampu membawa Brasil menjuarai tiga kali Piala Dunia, yakni di tahun 1958, 1962, dan 1970. Luar biasa, rasanya sulit menandingi prestasi ini.

Brasil memang gudangnya pemain hebat, selain Pele, nama-nama seperti Ronaldo, Romario, Roberto Carlos, Dunga, Kaka, Ronaldinho dan masih nama lain yang layak disebut sebagai legenda. Bisa kita lihat kalau disetiap liga biasanya selalu ada pemain Brasil-nya. Talenta-talenta hebat selalu lahir seolah tak ada hentinya.

Dengan mudah orang akan menyebut nama Maradona ketika ditanya siapa pemain legenda dalam dunia sepak bola. Pemain dengan nama lengkap Diego Armando Maradona ini begitu populer dengan gol tangan tuhannya. Pernah mengantarkan Argentina menjadi juara dunia di tahun 1986.

Deretan legenda lainnya ada Johan Cruyff dari Belanda, Zinedine Zidane dan Michel Platini dari Prancis, Roberto Baggio dari Italia, Alfredo Di Stefano dari Spanyol, Ferenc Puskás dari Hungaria, dan masih banyak lainnya. Jangan sampai ketinggalan, dua nama yang selalu dibandingkan kemampuan dan prestasi mereka saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Meski masih aktif bermain tapi mereka sudah menjadi legenda.

Nama-nama dari benua Asia mungkin tak terlalu banyak, walau mungkin di negaranya bisa disebut sebagai legenda, tapi kalau tolok ukurnya dunia mungkin hanya bisa menyebut beberapa nama. Ada nama yang menurut saya melegenda dari benua Asia adalah Ali Daei dan Hidetoshi Nakata. Mungkin secara prestasi level dunia belum ada, tapi minimal ada sesuatu yang melekat dari mereka. Sekarang dengan mudah menemukan pemain asal Asia di liga-liga top Eropa, tapi dulu di tahun 90-an sepertinya bisa dihitung dengan jari. Ali Daei merupakan pemain asal Iran yang pernah membela klub Bayern München Jerman, sedangkan Nakata pernah bermain di Serie A Italia dan juara bersama AS Roma.

Lalu, bagaimana dengan pemain legendaris dari Indonesia? Ada banyak, kalau bicara lingkup sepak bola dalam negeri tentu akan memunculkan nama-nama semacam Abdul Kadir, Iswadi Idris, Robby Darwis, Ronny Pasla, Ronny Pattinasarany, Soetjipto Soentoro, Andi Ramang, dan tentu saja Bambang Pamungkas. Meski belum mampu menorehkan prestasi tingkat dunia, bahkan level Asia sekalipun, tapi nama-nama tersebut sudah memberi catatan manis bagi tim nasional Indonesia.

Siapapun itu, kehadiran pemain-pemain legendaris ini sudah menjadi inspirasi tersendiri bagi generasi masa kini yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional. Tidak sedikit orang tua yang memberi nama anaknya dengan nama pemain bola idola mereka. Jadi, siapa pemain legenda sepak bola idola Anda?

Post a Comment for "Deretan Nama Legenda Sepak Bola Dunia"