Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mudah Untuk Cek Kurs Mata Uang

Saat ini, kesibukan orang menuntut segala sesuatunya berjalan dengan mudah. Jarak dan waktu tak lagi menjadi sesuatu yang menjadi penghalang, orang bisa kapan saja bepergian keluar negeri karena kemudahan transportasi yang tersedia. Nah, bicara mengenai negara lain, tentu erat kaitannya dengan mata uang, karena saat diluar negeri tentu saja mata uang yang berlaku untuk transaksi adalah mata uang negara tersebut. Banyak hal yang berhubungan dengan mata uang asing, misalnya untuk kepentingan bisnis, wisata, atau ingin tinggal sementara waktu di luar negeri. 

Bagi yang sudah terbiasa ke luar negeri, barangkali sudah tahu apa saja yang hasrus dipersiapkan, termasuk uang. Tapi, bagi yang baru pertama ke luar ngeri barangkali masih bingung atau lupa bahwa hal penting yang harus dipersiapkan adalah mata uang negara tujuan kita. Biar tidak repot nantinya, segala keperluan harus dipersiapkan, termasuk menukarkan rupiah dengan mata uang asing.

Bagi Anda yang ingin menukar uang rupiah, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui kurs mata uang, berapa nilai mata uang rupiah bila ditukarkan dengan mata uang asing. Hal ini terkesan sepele, tapi rasa-rasanya penting untuk dilakukan untuk dapat memperkirakan berapa rupiah yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan bila nilai rupiah tersebut ditukar dengan mata uang asing. Bukan rahasia lagi, bila nilai kurs mata uang sering mengalami perubahan setiap waktu.

Lalu, bagaimana kita bisa mendapatkan informasi mengenai kurs mata uang? Banyak cara atau media yang menyediakan informasi kurs mata uang, berikut ini tiga cara untuk mengetahui kurs mata uang dengan mudah.

1. Menggunakan Mesin Pencari

Informasi nilai rupiah di Google

Era digital seperti sekarang ini, untuk mengetahui kurs USD hari ini tidak perlu repot datang ke bank secara langsung, cukup melalui ponsel atau laptop/komputer yang terhubung ke internet bisa update nilai kurs dollar atau mata uang asing lainnya dengan mudah. Misalkan ingin mengetahui kurs dollar amerika hari ini, cukup buka browser dan kunjungi mesing pencari Google, ketikkan kata kunci kurs USD hari ini, nanti secara otomatis akan muncul di halaman pertama mesin pencari nilai kurs USD pada waktu kita melakukan pencarian.

2. Mengunjungi Web Resmi Bank

Kurs mata uang asing di situs bankmega.co.id

Selain melaui mesin pencari Google, bisa juga mengunjungi website bank nasional yang juga menyediakan update nilai kurs dollar atau mata uang asing lain pada hari dimana kita mengunjungi website tersebut. Sebagai contoh, misalnya di website Bank Mega yang beralamat di www.bankmega.co.id, akan kita temukan nilai tukar rupiah terhadap beberapa mata uang asing.

3. Melalui Aplikasi Currency App

Currency app

Cara berikutnya adalah dengan mempergunakan aplikasi yang bisa di unduh di play store maupun app store. Currency App adalah sebuah aplikasi untuk konversi mata uang. Ada lebih dari 160 mata uang yang bisa di konversi melalui aplikasi ini. Bila ingin cek kurs bisa menggunakan aplikasi ini, tidak perlu khawatir, karena nilai mata uang selalu diperbaharui secara otomatis.

Nah, dengan menggunakan salah satu dari tiga alternatif cara diatas, sudah bisa memudahkan kita bila ingin mengetahui kurs mata uang secara update. Tentu saja ada kurang dan lebih dari masing-masing cara tersebut, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan mana yang dianggap paling mudah. Selain tiga cara diatas tentu masih ada cara lain baik melalui web maupun aplikasi. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa membantu, atau bilamana dirasa butuh referensi lain bisa juga Anda mencobanya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "3 Cara Mudah Untuk Cek Kurs Mata Uang"