Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mudah Membayar Pajak PBB Via Online

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa pembayaran pajak PBB berlaku bagi setiap pemilik rumah. Selaku masyarakat yang taat peraturan, tentu saja kita harus membayar pajak PBB tersebut. Nah, untuk kamu yang ingin tahu cara bayar PBB online, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Cara Bayar PBB Online Melalui Tokopedia

Untuk kamu yang terbiasa dengan kegiatan belanja online, tentunya Tokopedia ini sudah bukan hal yang asing lagi. Ya, selain menyediakan kegiatan transaksi jual beli online, Tokopedia juga telah menyediakan layanan bayar pajak PBB secara online lho. 


Akan tetapi, layanan administrasi pajak dari Tokopedia ini hanya baru mencakup daerah DKI Jakarta dan Depok saja. Kendati demikian, layanan pembayaran pajak PBB di Tokopedia tersedia 24 jam non stop lho. 

Lantas, bagaimana cara melakukan pembayarannya? Adapun mengenai beberapa tahapan yang harus kamu ikuti seperti di bawah ini:

  • Pertama-tama silahkan kunjungi laman Tokopedia, lalu pilih menu “PBB Online“
  • Setelah itu masukkan nomor objek Pajak Bangunan Bumi milikmu
  • Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul rincian mengenai jumlah pajak yang harus dibayar
  • Kemudian pilih menu “Bayar”, lalu pilih metode pembayaran yang kamu inginkan
  • Dengan begitu, maka system akan langsung memproses pembayaran pajak bumi bangunan serta mengirimkan notifikasi saat pembayarannya selesai dilakukan. 

2. Cara Bayar PBB Online Melalui Traveloka

Selain Tokopedia, kamu juga bisa melakukan pembayaran pajak PBB secara online melalui Traveloka. Adapun mengenai beberapa metode pembayaran pajak PBB yang tersedia di Traveloka, seperti transfer ATM, internet banking, serta di gerai minimarket. 


Tak seperti Tokopedia yang hanya berlaku untuk kota Jakarta dan Depok saja, layanan pembayaran pajak PBB online di Traveloka ini lebih luas lho. Ya, mulai dari DKI Jakarta, Tengerang Selatan, Kab. Serang, Depok, Kab. Bandung, Kota Bekasi, Majalengka, Tasikmalaya, Sukabumi, Batam, dan masih banyak lagi.    

Untuk proses pembayarannya bisa kamu ikuti seperti di bawah ini:

  • Silahkan buka aplikasi Traveloka, lalu pilih menu “Bills dan Tup-up”
  • Jika sudah demikian, klik ikon PBB kemudian pilih wilayah pembayaran
  • Berikutnya isi Nomor Objek Pajak (NOP), pilih tahun pembayaran, kemudian lakukan transaksi sesuai metode pembayaran yang kamu inginkan
  • Tunggu beberapa saat, nantinya kamu akan mendapatkan bukti pembayaran yang dikirim melalui email.

3. Cara Bayar PBB Online Melalui Indomaret

Kabar baik bagi warga kota Jakarta yang ingin mengurus administrasi pajak PBB secara online. Pasalnya, pada tahun 2017 lalu pemerintah DKI Jakarta telah merilis cara terbaru yang dapat memudahkan masyarakat untuk membayar pajak PBB. 

Pemerintah DKI Jakarta pun memilih Indomaret untuk mempercayakan layanan pembayaran pajak PBB online bagi masyarakat. Namun, pembayaran pajak online di Indomaret ini hanya berlaku untuk tagihan di bawah Rp 5 juta. 

Apabila tagihan pajak PBB diatas Rp 5 juta, maka kamu bisa membayarnya via Tokopedia atau Traveloka. Mengenai cara pembayarannya seperti di bawah ini:

  • Silahkan kunjungi gerai Indomaret terdekat, lalu hampiri kasir dan beritahu nomor objek besar tagihan pajakmu kepadanya 
  • Kasir pun akan langsung mengecek dan menginformasikan nominal pajak PBB yang harus kamu bayar
  • Setelah itu, kamu hanya tinggal memilih metode pembayaran secara cash atau debit
  • Jika pembayarannya sudah selesai, kamu akan mendapatkan struk bukti pembayaran 

Perlu diingat, struk pembayaran pajak PBB harus disimpan dengan baik sebagai bukti. 

Post a Comment for "3 Cara Mudah Membayar Pajak PBB Via Online"