Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Daster Batik Modern

Daster yang nyaman dikenakan akan semakin indah jika dibuat dengan motif batik. Daster batik kental dengan nuansa khas Indonesia. Produsen batik terkenal salah satunya adalah daerah Pekalongan. Batik Pekalongan terkenal karena memang motif batiknya. Selain itu, daster pekalongan dikenal awet dan adem dipakai. Meski harganya relatif lebih mahal dibanding daster lain, namun daster satu ini tetap memiliki peminat yang tidak pernah sepi. 

Ilustrasi. Image by pisauikan from Pixabay.com

Tips Memilih Daster Batik Secara Detail

• Pilih Bahan Katun untuk Daster

Selain karena menyerap keringat, bahan katun terasa halus di kulit, nyaman dipakai, dan juga tampak keren kala dibuat pakaian.

• Perhatikan Jahitannya

Setelah memperhatikan bahannya, Anda perlu memeriksa jahitan daster apakah sudah rapi atau masih acak-acakan. Daster yang awet dan kuat adalah daster yang jahitannya tertata rapi dengan jarak benang yang kecil dan terlihat halus. Inilah yang juga menjadi salah satu ciri daster Pekalongan.

• Perhatikan Detail Pakaian yang Lain

Selain jahitan, Anda juga perlu memperhatikan beberapa detail pakaian yang ada, misalnya saja tali, resleting, atau potongan baju. Jika ada tali, pastikan tali dijahit dengan rapi dan mudah ditalikan serta aman dikenakan. Jika ada resleting, maka pastikan jika hal tersebut asli dan berkualitas. 

• Perhatikan Motif Daster

Sebaiknya jika anda memilik tubuh berisi, pilihlah motif batik yang kecil agar tubuh tidak terlihat lebih melebar dari sebelumnya kala memakai daster.

Tapi jika Anda bertubuh kurus, lebih baik Anda memilih motif daster yang besar, sehingga anda akan terlihat lebih berisi. 

Tips Memilih Daster Batik Modern Secara Global 

Berita ntb dibawah ini merupakan cara memilih daster batik modern secara global, agar nyaman ketika dipakai namun tetap stylish ketika dilihat.

1. Memilih model yang diinginkan

Tips pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli daster batik modern untuk kebutuhan sehari-hari Anda adalah memilih model yang sesuai dengan keinginan. Saat ini, daster batik modern telah hadir dengan berbagai macam model yang menarik. Jika Anda sering bepergian ke luar rumah dengan daster, maka memilih daster dengan model lengan panjang dapat menjadi pilihan yang tepat.

Kemudian, apabila Anda menginginkan daster yang lebih bergaya, maka model batwing mungkin akan cocok untuk Anda, karena mirip dengan model kaftan yang sempat trendy dalam dunia fashion. Apabila Anda menginginkan daster yang mampu mengakomodir keseharian Anda yang cukup aktif, maka model jumbo sangatlah cocok dan akan nyaman digunakan sepanjang hari.

2. Mengenali motif-motif batik

Sebelum membeli daster batik modern, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai macam motif batik yang ada di Indonesia, agar Anda tidak salah ketika membeli.

Adapun beberapa motif yang perlu Anda ketahui adalah motif batik pekalongan yang cenderung berwarna dan modern, batik solo motif kawung yang khas dengan bentuk menyerupai buah kawung, dan motif batik parang rusak barong yang berasal dari jogja. Ketiga motif batik ini bisa dibilang merupakan motif yang paling sering digunakan pada jenis daster batik modern.

3. Perhatikan jenis kain batik

Tips terakhir dalam memilih daster batik modern terbaik adalah dengan memperhatikan jenis kain batik yang digunakan. Bagi sebagian besar orang, hal yang satu ini tidak begitu penting. Namun jika Anda merupakan tipe yang cukup detail dan teliti, ada 3 jenis kain batik yang beredar di pasaran, yakni batik tulis, batik cap, dan batik print.

Kebanyakan daster batik modern yang beredar menggunakan jenis batik print, yang tidak dibuat menggunakan canting dan juga malam. Karena inilah, banyak yang beranggapan bahwa jenis print ini tidak bisa disebut sebagai kain batik, melainkan hanyalah kain dengan motif batik saja.

Post a Comment for "Tips Memilih Daster Batik Modern"