Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Fenomena Langit Yang Muncul Di Tahun 2022

Beragam fenomena memang sering hadir di muka bumi ini, salah satu fenomena yang sering membuat gempar adalah fenomena yang ada di langit. Fenomena yang ada di langit seringkali terjadi diluar nalar manusia, bahkan beberapa diantaranya dikaitkan dengan hal-hal yang mengerikan. Mungkin karena fenomena yang ada di langit hanya dapat kita lihat secara sekilas, berbeda dengan fenomena alam yang ada di sekitar kita yang bisa kita lihat dengan jelas efeknya.

Ilustrasi. Image by kamilgrygo from Pixabay.com

Di tahun 2022 ini ternyata ada beberapa fenomena langit hari ini yang menjadi perbincangan banyak orang. Berdasarkan hasil penglihatan melewati Badan Meteorologi diketahui bahwa sepanjang bulan Januari dan tahun 2022 akan ada beberapa fenomenan langit yang cukup menggemparkan. Kira-kira apa sajakah fenomena langit tersebut? Langsung saja kita simak rangkuman berikut ini.

1. Hujan Meteor Quadrantid

Menurut keterangan yang dikeluarkan oleh LAPAN diketahui bahwa di awal Januari sekitar tanggal 4 akan terjadi puncak hujan Meteor Quarantid. Hujan Meteor Quarantid ini merupakan fenomena hujan meteor yang titik radiasinya berasal dari quadran muralis dengan intensitas maksimum hujan meteor mencapai 200 meteor per jam.

Anda bisa menyaksikan fenomena yang satu ini dari arah timur laut mulai pukul 04.00 waktu setempat atau sekitar 25 menit sebelum matahari terbit. Anda juga bisa melihat fenomena yang satu ini hanya dengan menggunakan mata telanjang tanpa bantuan alat ataupun teropong.

2. Konjungsi Kuintet antara Saturnus – Mars – Venus – Jupiter – dan Bulan

Sekitar tanggal 24-29 April diprediksi akan terjadi fenomena langit yang unik yakni konjungsi kuintet 5 planet yang ada di langit yang berada dalam satu garis lurus yang meliputi Saturnus, Mars, Venus, Jupiter, dan Bulan. Anda bisa melihat fenomena yang satu ini sekitar pukul 04.00 waktu setempat dari arah timur.

Kemudian terakhir pada tanggal 29 april anda bisa meliat fenomena puncaknya mulai dari waktu fajar atau 75 menit sebelum matahari terbit.

3. Puncak konjungsi Mars-Saturnus

Sekitar awal Ramadhan di tahun 2022 yang akan datang masyarakat di Indonesia akan disambut dengan adanya fenomena alam yakni konjungsi Mars dan Saturnus. Anda bisa melihat puncak dari fenomena konjungsi Mars dan Saturnus ini di waktu sahur atau sekitar pukul 03.00 waktu setempat sampai 25 menit sebelum matahari terbit.

4. Okultasi Venus oleh bulan

Okultasi ini sendiri merupakan sebuah fenomena alam dimana terhalangnya benda langit yang terlihat lebih kecil oleh benda langit yang terlihat lebih besar jika dilihat dari sudut pandang bumi. Sekitar tanggal 27 Mei diperkirakan Venus akan mengalami okultasi oleh bulan, sehingga pada momen tersebut venus akan tertutup oleh bulan yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Beberapa wilayah di Indonesia yang bisa melihat fenomena okultasi bulan dan venus adalah Sumatera, Jawa, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua Barat. Waktu terjadinya setelah matahari terbit sampai dengan siang hari.

5. Bulan Purnama Super

Di sekitar tanggal 14 juni 2022 diprediksi akan terjadi fenomenan bulan purnama super atau disebut juga dengan bulan purnama perige. Pada saat ini bulan dan bumi berada pada titik yang sangat dekat sehingga bulan akan terlihat lebih besar dari biasanya. Fenomenan bulan purnama super ini bisa dilihat sejak pukul 18.15 WIB, 19.51 WITA, dan 20.51 WIT.

Post a Comment for "Beberapa Fenomena Langit Yang Muncul Di Tahun 2022"