Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Olahan Tahu Yang Enak

Ilustrasi. Image by Tonda Tran from Pixabay.com

Tahu mengandung nabati yang diperluka tubuh untu lebih sehat. Tahu juga bisa dijadikan untuk anda yang sedang berdiet. Tahu yang terbuat dari kacang kedelai layaknya tempeh memang beberepa orang lebih menyukainya. Teksturnya lembut membuat anak juga suka. Tahu bukan hanya bisa digoreng, tahu bisa dibuat menjadi berbagai olahan masakan yang enak. Anda bisa membuat masakan apapun dengan tahu. Berikut resep masakan sederhana sehari-hari yang enak.

1. Tahu Gejrot

Pastinya anda pernah mendengar orang berdagang tahu gejrot ini. Asal tahu gejrot ini dari Cirebon dan sudah sampai mana-mana. Tahu gejrot ini bisa dijadikan cemilan atau juga lauk makan. Bahan yang diperlukan tahu kuning 4 buah, bawang merah 5 siung, cabe rawit hijau 6 buah dan kecap manis. Siapkan garam dan minyak goreng.

Tahunya tidak usah dipotong atau dibelah. Langsung saja digoreng hingga matang dan garing. Setelah itu kupas bawang merah dan ulek bersama garam sedikit saja. Ulek selanjutnya cabe rawit hijau dan kemudian tambahkan kecap manis dan aduk rata. Ambil tahu gorengnya dan taruh didalam ulekan cabe dan kecap tadi. Tahu ditekan ke bumbunya tapi jangan sampai hancur. Makan dengan nasi hangat pasti enak sekali.

2. Tahu Tumis Tauge

Masakan dari tahu yang berikut ini juga enak dan dijamin nagih. Bahan-bahan yang diperlukan tahu kuning 4 buah, tauge 100 gram, bawang merah 4 siung, bawang putih 4 siung cabe pedas 6 siung. Siapkan kaldu jamur, garam dan gula.

Potong tahunya menjadi ukuran dadu dan kemudian goreng semua tahunya. Jangan menggoreng tahu terlalu kering karena akan jadi keupuk nanti. Angkat tahu dan sisihkan dahulu. Ulek bumbunya seperti bawang putih, merah dan cabe. Bumbu kemudian di tumis dan masukkan toge dan beri air sedikit. 2 menit kemudian masukkan tahu goreng dan biarkan meresap sebentar bersama bumbu dan angkat jika sudah.

3. Tahu Usus Tumis Pedas

Pernahkan anda makan sajian tahu yang satu ini. Memang ini masakan rumahan yang jarang sekali orang tahu. Suapkan tahu coklat yang berisi, usus ayam, cabe ijo keriting 8 buah, bawang merah 4 siung dan bawang putih 4 siung. Siapkan gula putuh, garam dan kaldu jamur juga.

Ususnya dibershikan hingga benar-benar bening air cuciannya. Kemudian ususnya dipotong sekitar 3 cm dan goreng hingga matang. Tahu coklatnya dipotong dadu dan sisihkan. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe ijonya. Setelah itu minyak tuang sedikit di wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih dahulu. Jika sudah masukkan ususnya dan agak berselang sebentar masukkan tahunya. Beri air sedikit saja dan masukkan cabe ijonya. 

4. Tahu Balado 

Tahu juga sangat enak untuk dimasak balado. Bahan yang diperlukan adalah tahu kuning 5 buah, cabe merah keriting 10 buah, bawang merah 6 siung dan tomat buah 1. 

Cara membuatnya dengan memotong tahu terlebih dahulu dan setelahnya digoreng hingga setengah kecoklatan. Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabe merah keriting beserta tomatnya. Jika sudah tumis hingga harum dan berikan gula putih. Tambahkan garam dan kaldu jamur juga. Dioseng hingga mengental. Baru masukkan tahu gorengnya. Aduk hingga tercampur semuanya. Angkat dan makan bersama sayur kangkong enak sekali. 

Post a Comment for "Resep Olahan Tahu Yang Enak"