6 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Jidat Secara Alami

Advertisement


Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah bruntusan? Istilah bruntusan sering digunakan dalam dunia kecantikan. Bruntusan sendiri merupakan kondisi dimana permukaan kulit mengalami gangguan berupa munculnya bintik-bintik kecil yang menonjol. Akibatnya, kulit akan terasa kasar dan tidak rata bila diraba. Bagian yang paling sering terkena bruntusan adalah jidat atau dahi. Ternyata, kondisi ini bisa disembuhkan dengan beberapa bahan alami. Berikut ini adalah cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami:

1. Aloe Vera 

Cara menghilangkan bruntusan di jidat yang pertama adalah menggunakan aloe vera. Lidah buaya sejak dahulu memang dikenal memiliki kandungan untuk menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya memiliki kandungan anti bakteri dan anti radang yang bisa membantu meredakan hingga menghilangkan bruntusan di jidat. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan lidah buaya asli atau gel yang aman untuk kulit. 

2. Teh Hijau 

Bahan berikutnya yang bisa digunakan untuk membantu meringankan bruntusan di jidat adalah teh hijau. Tidak hanya baik untuk diet, teh hijau juga baik untuk kulit. Teh hijau memiliki kandungan senyawa polifenol epigallocatechin gallate atau EGCG. Fungsi dari senyawa ini adalah untuk menghilangkan bruntusan di dahi. Fungsi lainnya adalah untuk membantu mengurangi minyak berlebih penyebab bruntusan. Cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan menjadikannya masker. Anda bisa mencampurkannya dengan aloe vera, madu atau air bunga mawar. Diamkan masker selama 10 hingga 20 menit. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal. 

3. Lemon 

Buah asam yang satu ini memiliki kandungan senyawa astringent dan anti bakteri yang dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Tentunya, lemon bisa membantu untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Untuk penggunaannya, Anda disarankan menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan lemon. Anda tidak disarankan menggunakan lemon asli, karena dikhawatirkan terdapat efek samping yang tidak diinginkan. 

4. Es Batu 

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan atau meredakan bruntusan adalah es batu. Es batu bisa menimbulkan sensasi dingin di kulit sehingga mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan. Anda bisa menggunakan treatment es batu ini sebelum menggunakan make up atau setelah menggunakan skincare. 

5. Putih Telur 

Membutuhkan masker alami pereda bruntusan? Putih telur jawabannya. Putih telur bisa diolah menjadi masker alami. Anda hanya perlu memisahkan kuning dan putih telur lalu balurkan sebagai masker menggunakan spatula di wajah. Setelah itu, tempelkan tisu hingga membentuk masker dan tunggu hingga kering. Bila sudah, bilas menggunakan air bersih. Kandungan dalam putih telur memiliki fungsi untuk membersihkan kulit dari beragam kotoran, termasuk penyebab munculnya bruntusan. 

6. Minyak Cengkeh 

Mungkin Anda masih awam dengan minyak cengkeh sebagai bahan pereda bruntusan. Minyak cengkeh memiliki kandungan bernama eugenol yang mampu meredakan rasa gatal pada kulit. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes air bersama dengan minyak cengkeh. Masukkan dalam botol spray dan semprotkan secukupnya di jidat. 

Itu dia beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk bisa mengatasi masalah kulit ini. Perlu diperhatikan bahwa bahan-bahan diatas bisa Anda gunakan apabila kulit Anda tidak menunjukkan gejala ketidakcocokan. Apabila Anda mengalami iritasi atau rasa panas berlebihan, maka bisa jadi bahan tersebut tidak cocok untuk kulit Anda. Selamat mencoba. 


Advertisement

Post a Comment