Susu Sebagai Alternatif Pemenuhan Nutrisi Bagi Lansia

Advertisement

Pernahkah Anda memperhatikan orang yang sudah lanjut usia? Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi bagi mereka tentu sudah berbeda, oleh karenya perlu selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Tidak bisa disamakan jenis makanan untuk lansia dengan mereka yang masih dalam usia produktif, pola makan dan porsi makan pun juga sudah berbeda. Pemenuhan kebutuhan akan gizi, suplemen bagi tubuh dan bahan konsumsi lain sebagai penunjang kesehatan. 

Image by Rudolf Langer from Pixabay.com

Hal yang lumrah dikonsumsi segala lapisan usia adalah susu, mulai dari bayi sampai lansia, tentu saja jenis susu yang dikonsumsi berbeda untuk masing-masing usia. Kebutuhan nutrisi lansia bisa dibantu dengan konsumsi susu yang tepat. Dari referensi yang saya baca, beberapa manfaat konsumsi susu bagi lansia diantaranya adalah:

  • Mencegah osteoarthritis
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah osteoporosis
  • Menjaga massa otot

Terpenting untuk dipertimbangkan adalah dalam memilih jenis susu untuk lansia, karena bila keliru dalam memilih bisa mengakibatkan dampak buruk. Banyak beredar dipasaran merek susu, pilih baik-baik, selektif dalam memilih diperlukan karena terkadang iklan yang disampaikan semuanya menggiurkan. Memilih susu tinggi kalori dan lemak tidak selalu menjadi solusi tepat kebutuhan nutrisi pada lansia, karena dengan konsumsi lemak berlebih bisa menimbulkan efek kurang baik pada keseimbangan gizi lansia. 

Salah satu contoh susu sebagai pelengkap nutrisi lansia yang ada dipasaran adalah susu Ensure. Susu ini mengandung triple protein, 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, serta kandungan laktosa yang rendah. Dengan mengkonsumsi susu ini akan membantu lansia tetap aktif tanpa perlu khawatir akan masalah pencernaan mereka.

Perlu diingat bahwa penyajian susu hanya sebagai alternatif pemenuhan nutrisi, yang pokok adalah makanan seimbang yang dikonsumsi setiap harinya. Mungkin nafsu makan pada lansia akan menjadi kendala, karena terkadang saat orang sudah memasuki masa lansia ada kecenderungan kehilangan kepekaan terhadap rasa, oleh karenanya harus pandai-pandai dalam menyikapi. 

Apakah kebutuhan gizi untuk lansia sama? Jawabannya adalah tidak. Lansia memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, ada lansia yang memerlukan lebih sedikit nutrisi tertentu, ada pula yang membutuhkan jenis nutrisi lainnya. Ada faktor yang mempengaruhi hal tersebut, misalnya kondisi kesehatan masing-masing lansia. Tapi, pada umumnya lansia memang akan mengalami penurunan kebutuhan gizi tertentu. Hal ini dipengaruhi oleh massa tubuh serta penurunan kecepatan metabolisme yang menyebabkan lansia menjadi kurang aktif secara fisik. Saat memasuki usia lansia kemampuan kerja organ tubuh pun menjadi kurang maksimal. 

Nah, dengan banyak pertimbangan akan pemenuhan nutrisi bagi lansia, perlu memperhatikan hal-hal yang sekiranya pas untuk mereka. Susu bisa digunakan sebagai alternatif pemenuhan nutrisi bagi lansia, tapi tetap harus memperhatikan kandungan dalam susu tersebut, jangan salah pilih agar tidak berdampak buruk bagi lansia yang mengkonsumsinya.


Advertisement

Post a Comment