Manfaat Asuransi Perjalanan yang Penting Untuk Diketahui

Advertisement

Sudah bukan rahasia lagi bila saat ini aktivitas masyarakat banyak dilakukan di jalan, hal ini tentu dipengaruhi oleh tuntutan hidup. Sering muncul dalam pemberitaan adanya peristiwa kecelakaan di jalan raya. Tak sedikit jiwa yang melayang akibat kecelakaan tersebut. Oleh karenanya perlu kehati-hatian saat berkendara, karena resiko yang ada sangat besar. Apalagi bagi yang suka jalan-jalan, tentu tidak ingin dihantui oleh hal-hal non teknis yang mengganggu perjalanan, misalnya: kecelakaan, kehilangan, kerusakan barang dan lain sebagainya.

Ilustrasi. Image by Jan VaĊĦek from Pixabay.com

Saat ini sudah ada asuransi yang disediakan untuk perjalanan, ada banyak manfaat asuransi perjalanan, diantaranya adalah :

1. Biaya Perawatan Medis Ditanggung Oleh Pihak Asuransi

Misalnya saja tiba-tiba sakit saat melakukan perjalanan, maka tak perlu khawatir akan biaya pengobatannya, karena biaya medis akan ditanggung oleh pihak asuransi. Jadi, lebih nyaman dalam melakukan perjalanan.

2. Mendapatkan Santunan Kematian

Rejeki, jodoh dan maut tidak ada yang tahu, semua menjadi rahasia. Oleh karenanya tidak ada salahnya jika mempersiapkan "jaminan" untuk keluarga yang ditinggalkan bila sewaktu-waktu maut menjemput. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki asuransi perjalanan, sebab akan ada uang pertanggungan yang diperoleh dari pihak asuransi apabila Anda meninggal ketika sedang bepergian.

3. Mendapatkan Kompensasi Saat Terjadi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Sering terjadi kasus penundaan atau pembatalan perjalanan saat menggunakan transportasi umum. Hal ini tentu merugikan, tapi saat Anda memiliki asuransi perjalanan maka Anda akan mendapatkan kompensasi dari pihak asuransi. Untuk jenis kompensasi mungkin tidak sama antara perusahaan asuransi satu dengan lainnya. Yang terpenting adalah saat Anda mengalami kerugian semacam ini segera saja ajukan klaim ke perusahaan asuna yang Anda miliki.

4. Mendapatkan Kompensasi Ganti Rugi Atas Kerusakan Atau Kehilangan Bagasi

Bila mengalami kerusakan atau kehilangan pada bagasi, maka Anda bisa mengajukan klaim untuk mendapatkan kompensasi.

5. Memberi Rasa Nyaman Dari Ancaman Kerugian Akibat Tindak Kejahatan dan Bencana Alam

Anda tidak akan pernah tahu akan ancaman kejahatan dan bencana alam yang bisa saja terjadi kapan saja saat Anda melakukan perjalanan. Tapi, dengan asuransi perjalanan akan ada jaminan pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi. Baik itu kerugian fisik, mental maupun finansial.

Demikian manfaat asuransi perjalanan yang tentunya sangat menguntungkan bagi yang memilikinya. Memiliki asuransi merupakan salah satu ikhtiar, apalagi dengan semakin besarnya resiko saat melakukan perjalanan seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat.


Advertisement

Post a Comment