Cara Mengetahui Usia Kehamilan dan Memprediksi Kelahiran dengan Mudah

Advertisement

Menghitung usia kehamilan merupakan faktor penting yang perlu diketahui ibu hamil. Namun, seringkali tidak semua ibu hamil memahami bagaimana cara menghitungnya. Kini Anda tidak hanya bisa mengetahui usianya dengan cara berkonsultasi ke dokter kandungan. Dengan adanya kalkulator kehamilan online yang bisa mengetahui berapa lama kehamilan Anda berlangsung hingga bayi Anda lahir.

Ilustrasi. Image by Regina Petkovic from Pixabay.com

Faktanya, usia kandungan secara teoritis dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Namun belum bisa dipastikan janin ini sudah terbentuk di dalam rahim, sejak hari-hari terakhir haid menjadi acuan penghitungan usia kandungan saat pertama kali digunakan, yang kemudian tubuh telah mempersiapkan diri untuk kehamilan. Jadi, jika Anda sedang hamil, Anda dapat menuliskan tanggal haid Anda setiap bulan dengan catatan bahwa Anda dapat memeriksa usia kandungan Anda pada tanggal tersebut.

Ketahui Usia Kehamilan Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Dengan berkonsultasi ke dokter kandungan, akan memudahkan Anda untuk mengetahui usia kandungan Anda. Tapi Anda juga bisa menghitung berapa lama kehamilan Anda berlangsung dengan cara yang cukup mudah dilakukan, cukup gunakan kalkulator kehamilan untuk menggunakan kalender secara manual. 

Namun, zaman sekarang telah berubah di mana Anda dapat mengakses kalkulator kehamilan online yang membutuhkan data dari hari terakhir haid Anda. Di mana Anda perlu mengingat kapan menstruasi terakhir Anda dan kapan menstruasi terakhir Anda dimulai untuk pertama kalinya, jika jawaban sudah diberikan, yaitu hari pertama menstruasi terakhir Anda, yang akan digunakan pada hari pertama kehamilan.

Dan usia kandungan kemungkinan datang sekitar dua minggu sebelum pembuahan karena proses pembuahan ini terjadi antara dua minggu atau dari hari ke 11 hingga 12 dari periode menstruasi terakhir, karena usia kandungan itu sendiri adalah 40 minggu atau 280 hari sampai persalinan. Kalkulator kehamilan online Anda tidak hanya dapat mengetahui usia kandungan Anda, tapi juga dapat digunakan untuk mengetahui kapan bayi Anda akan lahir.

Cara Mengetahui Hari Perkiraan Lahir

Memang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jika Anda menggunakan kalkulator kehamilan, selain mengetahui usia kandungan juga bisa mengetahui perkiraan tanggal lahir bayi Anda. Ini hanyalah perkiraan, dan tidak selalu pasti bahwa akan sesuai dengan tanggal perkiraan ketika tanggal lahirnya bisa maju atau bergeser. 

Namun berkat hal tersebut, setidaknya Anda dan keluarga bisa mempersiapkan diri dan bersiap untuk kehadiran sang buah hati. Memang, jika Anda menggunakan kalkulator kehamilan secara manual, Anda dapat membuat perkiraan dengan menghitung dari hari pertama haid dengan cara yang berbeda, misalnya dengan menggunakan rumus Naegele.

Nama metode penghitungan usia kandungan ini berasal dari nama penemunya yaitu Franz Karl Naegele, seorang ahli kandungan berkebangsaan Jerman yang hidup pada abad 19. Rumus ini menggunakan prediksi berdasarkan hari pertama haid terakhir kali. Misalnya, jika hari pertama haid terakhir Anda adalah 21 November 2020, rumus perhitungannya sebagai berikut:

  • Untuk tahunnya tetap 2020
  • Untuk bulannya ditambahkan dengan angka 9 (11 + 9) = 8
  • Untuk harinya ditambah dengan angka 7 (21 + 7) = 28

Selain menggunakan rumus di atas, Anda juga bisa menggunakan rumus di bawah ini:

  • Untuk Tahun ditambah 1 (2020 + 1) = 2021
  • Untuk bulan dikurangi 3 (11 – 3) = 8
  • Untuk hari ditambah 7 (21 + 7) = 28 

Dari hasil perhitungan kedua rumus tersebut, bisa diprediksi kalau hari perkiraan lahir anak Anda adalah tanggal 28 Agustus 2021. Selain menggunakan kedua rumus tersebut, Anda juga bisa menggunakan kalkulator kehamilan online yang disediakan oleh klikdokter.com. Caranya, Anda hanya perlu memasukkan tanggal hari pertama haid terakhir Anda, maka akan keluar hasil perhitungannya.

Dengan mengetahui usia kehamilan dan memprediksi kapan buah hati Anda akan lahir, hal tersebut akan memudahkan Anda dalam hal persiapan. Baik itu mempersiapkan mental dalam mengurus bayi, mempersiapkan kebutuhan bayi dan lain sebagainya. 


Advertisement

Post a Comment