Melakukan Antisipasi Ketika Mati Listrik Di Saat Jam Kerja

Advertisement

Kehidupan manusia tidak akan pernah bisa lepas dari sumber energi. Tanpa adanya sumber energi maka kita tidak akan bisa melakukan seluruh aktivitas yang biasanya kita lakukan pada umumnya. Memang benar pada awalnya masyarakat di Indonesia masih cukup sulit mendapatkan akses listrik yang merata. Namun, seiring dengan perjalannya akhirnya pemerataan sumber daya listrik bisa terwujud secara perlahan.

Sama halnya dengan kondisi di seluruh dunia karena tidak semua negara mendapatkan akses listrik yang sama. Sebagai contoh, hampir 90% negara di Afrika masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan listrik yang merata bahkan dalam kota-kota yang besar sekalipun masih cukup sulit untuk mendapatkan listrik. Sangat bersyukur untuk kita yang dengan mudah masih bisa mengakses listrik.

Ilustrasi. Image by Candid_Shots from Pixabay.com

Tapi bagaimana rasanya dengan mati listrik disaat jam kerja? Bukankah itu hal yang menjengkelkan. Karena mati listrik banyak menimbulkan kerugian, mulai dari pekerjaan para karyawan yang terhambat sampai dengan kerugian perusahaan. Penulis sangat meyarankan untuk para pemilik perusahaan atau yang bekerja di kantoran bisa menggunakan rekomendasi Cadangan listrik gedung sebagai langkah antisipasi disaat jam kerja.

Tidak diragukan pula dengan mengggunakan salah satu layanan Power Service Solution tentu anda banyak mendapatkan keuntungan dan meminimalisir kerugiaan perusahaan. Nah hal-hal yang menyebabkan mati listrik :

1. Terjadi Pemadaman Secara Terpusat

Penyebab terjadinya pemadaman listrik yang pertama adalah disebabkan oleh adanya pemadaman secara terpusat yang dilakukan oleh perusahaan listrik. Pemadaman ini umumnya dilakukan apabila perusahaan listrik perlu melakukan perawatan dan pemeriksaan alat distribusi listrik dan penyalur daya secara berkala.

Umumnya perusahaan listrik akan memberikan informasi apabila akan terjadi pemadaman secara terpusat agar Anda bisa bersiap dan menyelesaikan berbagai keperluan penting Anda sebelum terpotongnya listrik sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

2. Terdapat Peningkatan Daya Listrik secara Mendadak

Penyebab putusnya listrik di rumah juga bisa diakibatkan terjadinya peningkatan daya listrik dalam jumlah yang besar secara mendadak. Hantaman petir dalam jarak yang dekat dengan pembangkit listrik atau menara penghantar listrik akan mengakibatkan meningkatnya daya secara mendadak yang akan menjadikan listrik menjadi padam untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat kelebihan daya.

3. Tingginya Kebutuhan Listrik pada Suatu Daerah

Apabila pada suatu wilayah mengalami lonjakan pemakaian listrik yang lebih tinggi dari kemampuan pembangkit listrik untuk menghasilkan energi maka otomatis pemadaman listrik secara mendadak tidak bisa dihindari. Pembangkit listrik mempunyai sistem yang secara otomatis akan mematikan pasokan daya apabila terjadi pemakaian yang berlebihan agar pembangkit listrik tidak mengalami kerusakan.

4. Terjadi Korsleting Arus Listrik

Korsleting arus listrik bisa menjadi salah satu penyebab utama listrik mengalami pemadaman. Mungkin seringkali Anda bisa melihat banyaknya kabel yang menjuntai dari tiang dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengawasan. Hal tersebut seringkali menjadi penyebab terjadinya korsleting arus listrik yang akan menyebabkan padamnya listrik pada rumah Anda.

5. Terdapat Banjir pada Wilayah Tempat Tinggal Anda

Ketika terjadi banjir maka kewajiban paling utama dari petugas listrik adalah untuk mematikan pasokan listrik pada satu wilayah yang terdampak banjir. Hal tersebut dimaksudkan agar mengurangi risiko terjadinya seseorang yang tersetrum apabila secara tidak sengaja bersentuhan dengan berbagai perangkat elektronik yang ada.

6. Kabel Listrik yang Terkena Dahan Pohon

Penyebab terjadinya padam listrik di rumah Anda salah satunya bisa disebabkan oleh kabel listrik yang terkena dahan pohon yang jatuh. Tidak sedikit kabel listrik yang dibangun secara sembarangan dan memotong jalur pohon yang ada. Apabila dahan pohon tersebut terjatuh dan mengenai kabel listrik maka terdapat kemungkinan untuk membuat kabel listrik menjadi terputus.


Advertisement

Post a Comment