Pengertian Inventory / Persediaan

Advertisement

Inventori dalam bahasa Indonesia berarti persediaan. Inventory / persediaan ini mempunyai arti yang cukup luas dalam berbagai macam bidang. Dalam inventory ini dibutuhkan sebuah catatan keuangan harian, dapat menggunakan aplikasi BukuKas. Catatan tersebut dapat dijadikan acuan untuk melakukan penjualan. 

Pengertian Inventori

Untuk pengertian dari inventory secara umum yaitu suatu sistem untuk mengatur persediaan stock barang. Stock barang tersebut harus memiliki kaitannya akan aktivitas logistik di dalam suatu perusahaan. 

Pengertian Inventory yang lebih khusus dengan artikan persediaan barang / benda yang sengaja disimpan untuk tujuan tertentu. Sebagai contoh untuk memenuhi dijual kembali maupun kebutuhan produksi dalam sebuah industri / perusahaan. 

Ilustrasi. Image by Claire Dela Cruz from Pixabay.com

Tujuan dari persediaan ini sangat bergantung terhadap kebijakan dari management perusahaan. Ada sebuah contoh dari inventory dalam hal sederhana di sebuah toko UMKM / angkringan. Barang disimpan dan langsung dijual pada hari itu juga. 

Sedangkan untuk contoh inventory yang lebih kompleks dapat meninjau di sebuah perusahaan. Ada beberapa barang yang disimpan untuk keperluan produksi. Beberapa barang lain disimpan sebagai suku cadang, sedangkan barang yang lain disimpan untuk dijual. 

Semua barang tidak disimpan begitu saja, melainkan ada sebuah sistem penyimpanan tertentu. Terutama untuk kuantitas barang yabg disimpan. Jika kuantitas barang telah mencapai overstock, maka akan mengakibatkan banyak dana yang terbuang sia – sia serta resiko kerusakan dalam penyimpanan semakin besar pula.

Untuk menanggulangi resiko tersebut susunan catatan keuangan harian harus efektif dan mudah dipahami. Oleh sebab inilah aplikasi BukuKas menjadi sangat berguna dan dapat meminimalisir resiko overstock. 

Pengertian Inventori Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli juga mengartikan inventory, yaitu :

1. Sartono 

Secara umum arti persediaan / inventory ialah salah satu dari bentuk aktiva lancar yang dapat menambah pendapatan. Biasanya di sebuah perusahaan selalu menyediakan persediaan dalam skala yang besar. 

2. Ristono

Inventory yaitu semua jenis barang yang patut untuk disimpan di sebuah tempat. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk digunakan kembali maupun dijual pada waktu yang akan datang. 

3. IAI / Ikatan Akuntan Indonesia, 2014, PSAK no 14

Persediaan berarti sebuah aset yang meliputi tujuan sebagai berikut ini :

  • Dalam kegiatan bisnis normal, tersedia untuk dijual kembali. 
  • Dalam industri / perusahaan untuk keperluan produksi / perjalanan. 
  • Jika dalam bentuk bahan / supplies atau perlengkapan, persediaan digunakan untuk pemberian jasa maupun proses produksi. 

4. Alexandri 

Inventori / persediaan adalah sebuah aktiva yang mencakup barang yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan untuk dijual di dalam periode yang telah ditentukan. Selain itu juga mencakup persediaan barang yang masih dalam status proses produksi hingga semua persediaan barang baku yang nantinya akan digunakan untuk produksi.

Demikianlah pengertian dari inventori / persediaan di dalam sebuah perusahaan maupun UMKM. Selain mencatat persediaan dengan BukuKas, sebaiknya melakukan stock opname secara rutin untuk memantau kualitas persediaan tersebut.


Advertisement

Post a Comment