Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantang Dianggap Remeh, Berikut Perawatan Rutin Panel Listrik

Perawatan panel listrik meliputi beberapa hal penting termasuk perawatan rutin. Panel listrik merupakan salah satu komponen kelistrikan yang membutuhkan perhatian ekstra mengingat fungsinya yang fundamental. Seperti halnya yang dijelaskan di https://sewatama.com/id/jasa-perawatan-panel-listrik/ panel listrik harus dicek secara berkala.

Ilustrasi. Photoright: Michal Jarmoluk / www.pixabay.com


Hal yang Harus Dicek pada Perawatan Rutin Panel Listrik

Perawatan rutin yang dilakukan secara berkala bertujuan agar panel listrik dapat bekerja optimal dan mengurangi risiko kerusakan yang mungkin timbul di kemudian hari. Berikut adalah hal-hal apa saja yang harus diperiksa ketika perawatan rutin panel listrik:

• Pengecekan Kualitas Sekring

Sekring merupakan salah satu komponen di dalam panel listrik yang sangat penting. Sekring pada panel listrik untuk genset akan bekerja menghidupkan serta mematikan genset secara otomatis ketika terjadi perubahan terhadap aliran daya listrik PLN. Misalnya saja ketika aliran daya listrik PLN mati maka sekring panel akan menghidupkan genset secara otomatis. Sekring harus dicek secara berkala begitu pula lampu panel.

• Pemeriksaan Aliran Listrik

Teknisi yang bertugas harus mengecek secara berkala bagaimana kondisi aliran listrik ke dalam panel. Pengecekan dilakukan dengan memeriksa apakah terjadi anomaly dalam aliran listrik yang didistribusikan oleh panel listrik. Anomali dalam distribusi aliran listrik oleh panel harus segera diatasi karena hal ini dapat menyebabkan gangguan yang lebih besar.

• Kalibrasi Perangkat dan Pemeriksaan Alat Ukur

Teknisi juga akan melakukan tindakan kalibrasi perangkat untuk mengetahui apakah angka yang tertera di alat ukur pada panel adalah angka yang sebenarnya. Tentu akan menjadi masalah besar apabila angka yang tertera pada alat ukur bukanlah angka sebenarnya. Teknisi yang bertugas tidak akan mampu untuk memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan ketika angka yang tertera di alat ukur tidak tepat.

PT Sumberdaya Sewatama power service solution telah berkiprah di bidang kelistrikan tanah air selama lebih dari 27 tahun. Ada banyak produk layanan kelistrikan yang dihadirkan oleh Sewatama seperti jasa penyewaan genset hingga konstruksi pembangkit listrik di berbagai pelosok tanah air. Pengalaman panjang menjadi bukti kualitas dan dedikasi tinggi dari Sewatama untuk konsumennya.

Post a Comment for "Pantang Dianggap Remeh, Berikut Perawatan Rutin Panel Listrik"