Contoh Naskah Pidato Sambutan Pada Hari Proklamasi (HUT) Kemerdekaan RI

Advertisement
Pada setiap tahunnya, peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia diperingati dengan meriahnya, mulai dari tingkat RT sampai tingkat yang lebih tinggi. Lomba-lomba digelar, aneka hiburan digelar sebagai bentuk perayaan atas nikmat kemerdekaan. Nah, biasanya dalam momen tasyakuran atau perayaan ini ada momen sambutan, baik panitia, RT/RW, dan sebagainya.
Perayaan HUT Kemerdekaan RI
Nah, bagi yang sudah biasa menyampaikan pidato, tentu saja tidak mengalami kendala, tapi bagi yang tidak biasa berpidato tentu akan merasa grogi atu kebingungan. Oleh karenanya, berikut ini contoh naskah pidato sambutan pada hari proklamasi kemerdekaan RI (HUT Kemerdekaan RI) yang mungkin bisa membantu:

-----------------------------------------------------

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air!

Pada hari yang cerah kita semua bangsa Indonesia memperingati salah satu hari besar Nasional, yaitu Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI.

Karena itulah selayaknyalah kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang telah diberikan untuk kita semua. Kemerdekaan yang dengan susah payah diperjuangkan oleh para pahlawan sudah kita nikmati, mari kita bersyukur, mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan membangun.

Tentu masih kita ingat bersama, pada tanggal 17 Agustus 1945 kemerdekaan bangsa Indonesia di proklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama Bangsa Indonesia. Dengan proklamasi berarti bangsa kita telah menegaskan kepada dunia tentang kemerdekaannya.

Kemerdekaan yang sudah diraih bukanlah hadiah yang kita peroleh begitu saja, akan tetapi merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang dengan gigih tanpa kenal lelah bertaruh nyawa demi terlepas dari cengkeraman para penjajah.

Kini selaku penerus bangsa kita tinggal menikmati kemerdekaan, mari kita isi kemerdekaan ini dengan pembangunan, baik pembangunan fisik maupun pembangunan spiritual. Sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap menjaga dan menjalankan api semangat perjuangan, semangat 45 yang menggebu-gebu. Semangat yang mendorong kita untuk berkorban demi kemerdekaan dan pembangunan Negara sebagai upaya mengisi dan mewarnai kemerdekaan.

Ahir kata, mari kita sambut HUT kemerdekaan ini dengan penuh rasa syukur, dengan semangat untuk membangun dan memajukan Bangsa Indonesia. 

Sekian dan terima kasih, semoga Allah SWT melimpahkan karunia dan rahmat-Nya kepada seluruh Bangsa Indonesia. Aamiin…

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

-----------------------------------------------------

Demikian tadi contoh naskah pidato sambutan pada hari proklamasi kemerdekaan RI, semoga bisa menjadi bahan untuk menyampaikan sambutan bilamana dirasa relevan dengan acara yang akan dilaksanakan. Tentu saja masih banyak contoh lain, Anda juga bisa memodifikasi cntoh tersebut dengan kata atau suasana yang tepat. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment