Keren, Program Pengumpulan Sampah Plastik Aqua

Advertisement
Lingkungan alamiah yang ada di daerah perkotaan saat ini tengah dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Di sudut-sudut kota kerap dijumpai tumpukan sampah yang dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah kesehatan. Tahukah Anda, ternyata tumpukan sampah tersebut didominasi oleh sampah plastik.
Botol Aqua hasil daur ulang
Hal tersebut menjadi perhatian serius bagi berbagai pihak, salah satunya adalah Danone-AQUA. Aqua yang pada dasarnya menggunakan kemasan berbahan plastik turut membantu menangani krisis masalah sampah plastik ini. Langkah ini dituangkan dalam komitmen pelopor penyelesaian sampah plastik di Indonesia. Komitmen ini diwujudkan dalam tiga langkah strategis, salah satunya adalah pengumpulan. Berikut adalah program bijak plastik Aqua dalam pengumpulan sampah plastik. 

1. Target strategis

langkah awal yang dilakukan Aqua adalah menentukan target. Target dibuat agar jelas tujuan yang akan dicapai. Target Aqua dalam pengumpulan adalah mampu mengumpulkan sampah plastik lebih banyak dari pada sampah plastik yang digunakan oleh Danone -Aqua sendiri pada tahun 2025 kelak.

2. Membuat Unit Bisnis

Langkah strategis lain yang dilakukan oleh Aqua dilakukan pada tahun 2010 dengan membuat unit bisnis. Unit bisnis ini diberi nama  Recycling Business Unit. Unit ini dibangun di kantung-kantung tempat pengumpulan sampah. Di dalam unit bisnis ini dilakukan berbagai aktivitas pengelolaan sampah yang berimbas pada peningkatan secara ekonomis. Dengan demikian kegiatan pengumpulan sampah menjadi lebih efektif. Tercatat 12.000 ton sampah per tahun dapat dikelola oleh unit bisnis yang ada di Jakarta, Bandung, Lombok dan Bali ini. 

3. Aqua peduli

program lain yang digulirkan Aqua untuk menekan jumlah sampah plastik adalah dengan meluncurkan program Aqua peduli. Program yang digulirkan sejak tahun 1993 ini dilakukan dengan cara menarik kembali botol kemasan plastik yang telah digunakan dari konsumen melalui distributor dan ritel. Dikemanakan bolot tersebut? Botol itu akan dipilah, diolah dan dicacah kemudian diproses lebih lanjut sehingga layak untuk di ekspor ke luar negeri.

Beberapa program keren itulah yang diluncurkan oleh Aqua guna mewujudkan sehat Aqua dengan lingkungan bebas dari sampah plastik. 

Advertisement

Post a Comment