Mengecek Infertilitas Pria Berdasarkan Kondisi Fisik

Advertisement
Tingkat infertilitas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun tentu menjadi suatu perhatian yang tidak dapat diabaikan. Infertilitas ini juga banyak menjangkiti kaum pria. Untuk mengetahui infertilitas yang dialami oleh seorang pria tentu harus dilakukan serangkaian diagnosis infertilitas pria. Saat diagnosis dijalani, akan dicek gangguan fisik yang ada pada pria tersebut. Lantas, gangguan fisik seperti apakah yang menyebabkan masalah infertilitas?

Gangguan Fisik Penyebab Infertilitas Pria

Beragam masalah fisik meliputi produksi sperma yang sedikit atau kurang dari jumlah minimal, perjalanan sperma yang sulit hingga tidak dapat keluar dari penis dan sebagainya biasanya juga memiliki tanda-tanda gangguan fisik. Berikut adalah beberapa gangguan fisik umum:

1. Torsio Testis

Testis yang memutar di dalam skrotum atau kulit testis akan memunculkan pembengkakan ekstrim yang dapat terlihat jelas. Akibat adanya torsio testis ini adalah adanya gangguan terhadap aliran pada darah.

2. Infeksi serta Penyakit

Adanya penyakit yang diderita maupun infeksi seperti radang pada saluran testis maupun testis akan membuat sperma terganggu produksinya. Jalannya sperma juga dapat bermasalah apabila terdapat gangguan pada testis. Contoh penyakit yang bisa menyebabkan hal ini seperti adanya PMS (Penyakit Menular Seksual) seperti sifilis, gonore, dan juga infeksi saluran kemih.

3. Varikokel

Pelebaran pada pembuluh darah yang terdapat di dalam skrotum akan membuat aliran darah sulit untuk mengalir. Varikokel ini dialami oleh sebanyak 15 sampai 40 persen pria yang sedang menjalani diagnosa infertilitas pria.

4. Penyakit Genetik

Kelainan bawaan seperti fibrosis kistik dan sindrom Jacob juga dapat menyumbang kemungkinan adanya masalah pada infertilitas pria. 

5. Kelainan pada Saluran Sperma

Saluran sperma dapat rusak akibat adanya penyakit atau cedera.

Jika Anda memiliki masalah terkait kesuburan, maka menjalani pengobatan infertilitas pria adalah jalan yang tepat untuk memiliki keturunan. Klinik Bocah Indonesia bisa menjadi solusi yang tepat bagi pengobatan kesuburan Anda. Klinik Bocah Indonesia menawarkan berbagai layanan yang didukung oleh tim dokter ahli termasuk kandungan dan kebidanan, embriologi dan andrologi. Untuk informasi lebih lengkap terkait klinik Bocah Indonesia dapat dikunjungi melalui https://bocahindonesia.com/.

Advertisement

Post a Comment