Hal yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Mengatasi Luka Bakar Knalpot

Advertisement
Terkena knalpot yang masih sangat panas dapat menyebabkan luka bakar pada kulit. Meski pada awal tersenggol mungkin belum terlalu terasa, nyatanya kulit yang terkena luka bakar ini lama kelamaan akan panas dan melepuh. Apabila luka bakar tersebut sedang sampai parah, maka sebaiknya gunakan obat luka bakar knalpot untuk meredakan rasa sakitnya.
Obat Luka Bakar Knalpot. Source: goapotik.com
Pantangan Dalam Mengobati Luka Bakar Akibat Knalpot

Agar luka bakar cepat sembuh, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seseorang. Meski begitu, nyatanya ada beberapa mitos yang tersebar di masyarakat yang keliru mengenai cara mengatasi luka bakar akibat knalpot yang tepat. Berikut pantangan yang harus dihindari:

1. Menggunakan Pasta Gigi

Nyatanya, anggapan masyarakat untuk menggunakan pasta gigi saat sedang mengalami luka bakar adalah suatu kekeliruan. Penggunaan pasta gigi yang dioleskan pada kulit justru bisa membuat kulit mengalami iritasi serta menimbulkan infeksi. Lebih baik gunakan obat untuk luka bakar knalpot guna meredakan luka bakar.

2. Biarkan Kulit yang Melepuh

Kulit yang melepuh ataupun menggelembung setelah terkena knalpot jangan dipecah. Biarkan saja kulit yang melepuh tersebut hingga mengempes dengan sendirinya. Pasalnya, memecahkan kulit yang melepuh justru dikhawatirkan menyebabkan adanya infeksi.

3. Hindari Terkena Sinar Matahari

Luka bakar pada kulit akan memberikan dampak rasa panas pada kulit. Oleh sebab itu, hindari paparan sinar matahari langsung pada kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit justru menyebabkan kulit terasa semakin terbakar dan panas.

4. Hindari Pengolesan Minyak

Beberapa orang mungkin menganggap penggunaan minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, hingga minyak goreng memiliki efek pendinginan atau meredakan rasa panas dan terbakar pada luka. Nyatanya, minyak memiliki dampak berupa menahan panas pada luka bakar. Pada akhirnya, luka justru terasa terus terbakar setelah diaplikasikan minyak.

Anda bisa mengunjungi website www.guesehat.com untuk informasi kesehatan lengkap. Salah satunya seperti mengenai www.guesehat.com/ketika-demam-berdarah-perlukah-antibiotik. Seluruh informasi kesehatan yang tersedia telah diperiksa langsung oleh tenaga ahli dan kompeten.

Advertisement

Post a Comment