Membimbing Penderita Diabetes Agar Bisa Sembuh dari Penyakitnya

Advertisement
Menjaga seorang penderita diabetes memerlukan pengetahuan mengenai bagaimana cara menyembuhkan penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia ini. Sebab, merawat pasien diabetes tidak sekadar memberikan obat dengan beli saja di goapotik melainkan juga membutuhkan perhatian khusus agar penyakitnya tidak menjadi komplikasi dikemudian hari.

Buat perencanaan pola makan yang baik

Salah satu penyebab mengapa seseorang bisa menderita diabetes melitus adalah pola makan yang kurang baik. Asupan nutrisi yang tidak seimbang jadi salah satu alasan mengapa tubuh bisa menderita kelebihan gula darah. Agar dapat menurunkan kadar gula darah atau sekadar mengontrolnya di batas aman, maka usahakan untuk merencanakan pola makan yang sehat untuk tubuh.
Ilustrasi. Image by silviarita from Pixabay.com
Mengatur pola makan sehat tidaklah sulit, Anda bisa memulainya dengan mengatur menu makanan sehari-hari. Apabila Anda memiliki menu favorit dengan kadar gula yang cukup tinggi, perhatikan frekuensi dan porsi makannya. Sementara itu, Anda juga bisa mengganti pemanis tinggi kalori dengan yang rendah kalori untuk meminimalisir meningkatnya kadar gula dalam darah. Buat juga makanan sendiri agar Anda bisa mengetahui seberapa tinggi kadar gula yang ada dalam setiap porsi makanan Anda.

Memperhatikan karbohidrat yang didapatnya

Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat dalam asupan nutrisi sehari-hari. Karbohidrat sangatlah penting karena menjadi sumber energi manusia. Tapi, tak hanya itu, karbohidrat juga bisa meningkatkan glukosa atau gula darah apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Pada dasarnya, karbohidrat yang dikonsumsi manusia tidak selalu menjadi penyebab utama penyakit diabetes melitus. Hanya saja, hormon insulin yang kurang bisa menghambat penyerapan karbohidrat menjadi energi yang berguna untuk aktivitas manusia. Apabila insulin tidak tercukupi, akibatnya akan tersimpan banyak sisa glukosa yang membuat kadar gula jadi meningkat. 

Meskipun demikian, bukan berarti glukosa harus benar-benar dihindari mengingat perannya yang sangat penting untuk memberikan energi bagi tubuh manusia. Apabila Anda telah mengidap diabetes melitus, usahakan untuk mengontrol konsumsi karbohidrat setiap harinya agar tidak berlebih dan membuat glukosa menumpuk dalam tubuh Anda. Kadar gula darah pun bisa terkontrol secara baik melalui pengaturan asupan karbohidrat setiap harinya.


Advertisement

Post a Comment