Perlukah Mencuci Pakaian Baru Milik Bayi?

Advertisement
Jika Ibu membeli pakaian baru untuk si kecil, jangan lupa mencucinya sebelum dipakaikan ke si kecil. Dengan mencuci baju baru dengan cara yang benar merupakan salah satu langkah untuk melindungi buah hati. Dengan cara tersebut, bayi akan terhindar dari iritasi yang disebabkan dari debu atau partikel lain yang menempel pada pakaian baru.
Baby Laundry
Mencuci pakaian memang tidak sulit, namun dalam mencuci pakaian baru untuk bayi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Apalagi untuk bayi yang baru lahir, memerlukan perhatian khusus sebab sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang secara sempurna. Agar aman mencuci deterjen untuk pakaian bayi juga harus diperhatikan.

Cara mencuci baju baru milik bayi
  1. Cuci pakaian bayi secara terpisah selama enam bulan pertama usianya. Jangan mencampur cucian milik si kecil dengan penghuni rumah lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi kotoran dari pakaian orang dewasa ke pakaian si kecil.
  2. Jika pakaian terkena noda makanan atau kotoran si kecil, bersihkan terlebih dahulu sebelum dicuci. Bilas di bawah air mengalir, usahakan sampai bercak noda tidak tampak lagi. Jika belum hilang, rendam pakaian tersebut dengan sedikit deterjen khusus pakaian bayi seperti produk Sleek Baby.
  3. Cuci pakaian bayi dengan deterjen khusus selama enam bulan pertama. Ibu bisa mencoba menggunakan deterjen biasa setelah melewati masa itu. Pilih deterjen dengan formula hypoallergenic.
  4. Bilas hingga benar-benar bersih jika Ibu mencuci dengan menggunakan tangan.
  5. Jika menggunakan mesin cuci, pilih siklus putaran lembut. Pada panel mesin cuci biasanya disimbolkan dengan gambar pakaian bayi atau tangan. 
  6. Usahakan untuk tidak menyetrika pakaian bayi, jika memang diperlukan jangan memakai suhu yang terlalu tinggi. Karena berisiko merusak kelembutan pakaian si kecil.
Cara di atas tidak hanya diterapkan untuk pakaian baru si kecil, tetapi juga seprai, sarung bantal, selimut, kain gendong dan peralatan lain yang bersentuhan dengan kulit si kecil. Jemur pakaian bayi di bawah terik sinar matahari, agar pakaian terhindar dari bakteri dan jamur penyebab penyakit.

Advertisement

Post a Comment