7 Kesalahan Yang Banyak Dilakukan Saat Jualan Online

Advertisement
Bisnis online sangat digemari di era digital seperti saat ini, terlihat dengan banyaknya bisnis online baru yang selalu muncul tak ada habisnya. Kemudahan dalam bertransaksi merupakan salah satu alasan bisnis online banyak digemari. Namun, apakah bisnis online yang ramai pembeli bisa dipastikan bertahan lama atau hanya musiman? 
Image by Mediamodifier from Pixabay.com
Ini dari berbisnis online sebenarnya hanyalah bagaimana pelaku bisnis menawarkan produk yang ia jual dengan cara online. Tetapi, tidak semua pelaku bisnis bisa melakukannya dengan baik. Beberapa hanya ramai di awal lalu meredup dan hilang tergantikan dengan bisnis lain yang lebih baru. Beberapa yang lain bahkan belum sempat mengenyam omzet yang besar tetapi bisnisnya tak kunjung di lirik oleh pembeli. 

Kesalahan Saat Berjualan Online

Berikut ini beberapa kesalahan-kesalahan yang ternyata masih sering dilakukan oleh pelaku bisnis, antara lain:

1. Target dan Tujuan Belum Jelas

Berbisnis online bukan hanya menawarkan barang secara online, tetapi perlu membuat konsep terlebih dahulu mengenai target dan tujuan penjualan. Pertama, tentu saja memutuskan untuk menjual suatu produk untuk target pasar yang tepat. Setelah itu, buatlah target dan tujuan lain atau alasan membangun bisnis online. Dengan begitu, perjalanan bisnis online tersebut akan lebih mantap dan tidak mudah goyah atau menyerah di tengah jalan.  

2. Perencanaan Kurang Baik

Dalam membangun bisnis, perlu direncanakan dengan baik dan dipikirkan mau di bawah bisnis online tersebut. Gunakan Google Analytics untuk membantu mengelola data-data di website sehingga Anda bisa dengan mudah menentukan langkah atau rencana selanjutnya untuk perkembangan bisnis online tersebut.

3. Menyepelekan Atau Tidak Konsisten

Berbisnis bukanlah hal yang bisa dilakukan sekali dua kali langsung menghasilkan omzet yang besar. Berbisnis offline maupun online perlu dipupuk dengan baik dan harus konsisten dalam berjualan agar bisnisnya terus berkembang atau tidak redup. Pastikan untuk menjadwalkan upload gambar produk, menyeleksi produk berdasarkan komentar pelanggan dan lainnya.

4. Kurang Paham dengan Pengelolaan Bisnis

Banyak pemula bisnis online yang berjualan di internet hanya karena tergiur dengan cerita-cerita sukses dari jualan online. Padahal untuk mencapai kesuksesan tersebut dibutuhkan waktu yang lama dan effort lebih. Jika memang berniat untuk terjun ke dunia bisnis atau jualan online, usahakan untuk belajar terlebih dahulu. Pahami peluang usaha bisnis online, macam-macam bisnis online, pembuatan website dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bisnis online itu sendiri. 

5. Salah memperhitungkan Harga Jual Produk

Menentukan produk yang akan dijual merupakan hal pertama yang harus dilakukan oleh pemula bisnis jualan online. Produk harus di riset terlebih dahulu dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai target pasar untuk produk tersebut. Selain itu, menentukan harga produk juga tidak bisa sebarangan. Hal ini akan memberikan pengaruh atau dampak baik positif maupun negatif pada perkembangan bisnis online yang dijalankan.

Jangan sampai salah perhitungan harga dan menuai kerugian di akhir bulan. Banyak yang harus dipertimbangkan seperti harga beli produk, estimasi biaya pengiriman yang kurang, biaya mengembangkan website, dan lain sebagainya.

6. Kurang Memaksimalkan Social Media

Saat ini Kita hidup di era modern dan dimanjakan dengan kecanggihan teknologi. Semua hal bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan gadget atau smartphone yang Kita bawa sehari-hari. Sebagai pelaku bisnis yang cerdas, hal ini tentu harus bisa dimanfaatkan sebagai lahan promosi. 

Promosi di media sosial itu sendiri bermacam-macam mulai dari yang gratis hinga yang berbayar sekali pun. Jika Anda masih pemula, cobalah untuk melakukan promosi secara gratis. Setelah income lumayan besar dan seimbang, barulah lakukan promosi berbayar untuk membantu meningkatkan penjualan Anda.

7. Respond yang Lambat atau Slow Respond

Berjualan online melalui internet memang dapat memudahkan pelaku bisnis maupun pembeli. Hal yang sangat dirasakan oleh pembeli adalah proses memilih produk sampai transaksi yang bisa dilakukan tanpa keluar dari rumah. Namun, pembeli terkadang ingin tahu lebih banyak tentang produk/proses transaksi dan lainnya dengan bertanya kolom komentar atau layanan customer service.

Nah, cepat lambatnya respond dari pelaku bisnis juga merupakan penentu kesuksesan dari bisnis online itu sendiri. pastikan untuk selalu memberikan fast respond agar pelanggan senang berbelanja di toko online Anda.

Nah, itulah 7 macam kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis saat berjualan online. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis online, cobalah untuk menghindari kesalahan-kesalahan di atas. Meski saat ini usaha yang Anda jalankan masih sebatas sebagai usaha sampingan, tapi semua tetap harus dijalani dengan serius. Selamat berbisnis, semoga sukses.

Advertisement

Post a Comment