Cara Cepat Mengatasi Luka Gores Agar Tidak Menyebabkan Infeksi

Advertisement
Melakukan aktivitas sehari-hari terkadang tidak luput dari yang namanya kesalahan. Seperti saat memasak di dapur, tak sedikit yang pasti pernah mengalami tergores pisau atau terkena benda tajam lainnya. Jari yang tergores pisau akan menimbulkan rasa sakit. Belum lagi pendarahan yang terjadi terkadang membuat seseorang bisa panik. Untuk luka gores jenis ringan, Anda masih bisa merawatnya sendiri secara mandiri di rumah. Namun untuk kasus luka gores terlalu dalam dan pendarahan yang tidak kunjung berhenti, sangat disarankan membawanya ke dokter sesegera mungkin.
Ilustrasi. Gambar oleh Corey Ryan Hanson dari Pixabay.com
Luka jari terpotong pisau meskipun masuk kategori ringan sekalipun harus dilakukan penanganan yang tepat. Anda harus melakukan upaya pengobatan segera agar luka tidak menimbulkan infeksi. Anda bisa melakukannya secara mandiri di rumah. Anda bisa melakukan cara mudah, cepat, namun hasilnya maksimal berikut ini dalam mengobati luka tergores pisau, yaitu:
  1. Hentikan pendarahan dengan menekan pada bagian jari yang tergores pisau.
  2. Bersihkan luka dengan air bersih atau air hangat jika tidak memiliki alkohol untuk membersihkannya.
  3. Bersihkan kotoran yang menempel di sela-sela luka goresan pisau.
  4. Gunakan krim antibiotik atau betadine untuk mengurangi resiko infeksi pada luka, sebelum menutupnya dengan plester.
Nah, itu tadi sekilas pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat mengalami luka tergores pisau. Luka tergores pisau siapapun juga tidak ingin mengalaminya, namun ada baiknya Anda sudah siap sedia perlengkapan P3K di rumah. Sehingga saat kejadian yang tidak diinginkan ini terjadi tidak perlu mencari keluar rumah. Selain itu juga agar penanganan pada luka bisa dilakukan sesegera mungkin dan tidak menimbulkan infeksi. Anda bisa berbelanja perlengkapan obat-obatan untuk P3K dari apotek. Untuk Anda yang senang membeli sesuatu secara online, termasuk kebutuhan obat-obatan bisa mengunjungi GoApotik. Disini semua produk kesehatan sangat lengkap dan bisa dilayani selama 24 jam nonstop.

Luka teriris pisau meskipun ringan tetap harus mendapatkan perhatian. Karena ketika luka dalam kondisi terbuka akan mudah dimasuki kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri ini bisa menyebabkan infeksi pada luka. Namun jika setelah mendapatkan luka langsung dilakukan pertolongan pertama, maka akan beda lagi. Infeksi pada luka pastinya akan lebih terminimalisir terjadi.

Advertisement

Post a Comment