Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih USB Charging Socket

Advertisement
Pernahkah Anda mengalami kehabisan baterai saat ingin bepergian atau saat jauh dari rumah? Untuk jaman seperti sekarang ini kejadian seperti ini tentu sangat menyebalkan. Misalnya punya power bank, sih tidak masalah, karena bisa diisi daya di mana saja, walau rasanya tetap kurang nyaman saat digunakan sambil diisi daya.

Banyak dijumpai pemberitaan mengenai kasus meledaknya ponsel saat digunakan, hampir semua kasus yang terjadi dikarenakan meledaknya baterai saat di charge. Kenapa baterai ponsel bisa meledak saat di charge? Hal ini dikarenakan adanya energi yang terbuang saat baterai ponsel di isi ulang. Nah, energi yang terbuang ini berubah menjadi panas, panas yang tidak terkendali tersebut yang bisa mengakibatkan baterai meledak.

Tentu tidak ada yang menginginkan terjadinya bencana akibat ledakkan baterai, bukan? Kalau hanya ponsel yang rusak akibat ledakan baterai sih tidak terlalu masalah, tapi kalau sampai mencelakai pengguna? Atau yang lebih fatal sampai mengakibatkan kebakaran? Akan sangat merugikan. Oleh karenanya perlu efisiensi energi untuk meminimalisir kejadian semacam ini. Salah satunya bisa dengan menggunakan USB Charger socket.
USB Charging Socket
Pengguna gadget yang terus meningkat menuntut peletakkan USB Charger socket di lokasi-lokasi semisal hotel, perumahan, apartement, rumah sakit, perkantoran, tempat sarana umum dan lokasi-lokasi komersial lainnya.

Apakah semua USB Charger Socket yang ada di pasaran berkualitas sama? Tentu saja tidak. Perlu diperhatikan beberapa hal yang menjadi kriteria USB Charger Socket berkualitas baik atau tidak, yaitu:
  1. Efisiensi Energi, yaitu Charging socket yang mampu mengefisiensi energi yang tinggi, sehingga daya listrik yang masuk ke gadget bisa maksimal dan meminimalisir energi atau panas yang terbuang.
  2. Fitur Over Heat Protection, yaitu fitur yang mampu mendeteksi apabila adapter kelebihan panas, sehingga akan langsung menghentikan pengisian daya secara otomatis dan memulai ulang proses pengisian daya saat suhu sudah kembali normal. Fitur ini akan memberi rasa aman dan nyaman. Kebiasaan pengguna mininggalkan gadget mereka saat mengisi ulang baterai, atau bahkan menggunakan gadget sambil di charge. Hal seperti ini bisa berbahaya, apalagi bila ditambah dengan penggunaan kabel USB atau power adapter yang berkualitas kurang baik, potensi rusaknya gadget semakin besar akibat kelebihan panas. Jadi, disinilah pentingnya fitur Over Heat Protection.
  3. Fitur Over Voltage Protection, yaitu fitur yang memastikan bahwa produk ini memiliki penyekatan (isolation) yang cukup untuk menjaga dari kemungkinan terjadinya tegangan lebih. Hal ini bisa meminimalisir dari bahaya tersengat arus listrik.
Lalu, apakah ada USB Charging Socket yang memiliki fitur keamanan seperti tersebut diatas? Tentu saja ada. Salah satunya adalah Schneider USB Charging Socket yang juga menawarkan keunggulan mampu mengefisiensi energi sampai dengan 81%. Keunggulan lainnya adalah kapasitas penambah daya (charging) 2.1 A dari modul yang dimiliki Schneider, sehingga memungkinkan untuk mempercepat waktu dan memberi keamanan dalam proses pengisian baterai.
USB Charging Socket Schneider
Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, ada dua pilihan yang disediakan oleh Schneider, yaitu USB Charging Socket dengan pilihan 1 Gang dan 2 Gang. Tipe Schneider USB Wall Charging yang tersedia mulai dari tipe Vivace, Pieno, Zencelo, Neo dan Ulti.

Jadi, ada banyak keunggulan dengan penggunaan USB Charging Socket, tidak ada salahnya bila mulai memikirkan atau bahkan memasangnya di tempat strategis atau bahkan di rumah Anda. Lebih penting lagi, jangan salah dalam memilih, pilih yang berkualitas baik, Schneider USB Charging Socket bisa menjadi pilihan agar tidak keliru dan kecewa.

Advertisement

Post a Comment