Pentingnya Perawatan Pembangkit Listrik

Advertisement
Apa sebetulnya tujuan dari dilakukannya maintenance atau perawatan pembangkit? Seperti kita tahu, semua mesin itu perlu dirawat, termasuk juga pembangkit listrik. 

Tujuannya adalah agar fungsi pembangkit ini tetap bisa berlangsung seperti seharusnya. Pembangkit terus bisa menghasilkan listrik secara optimal. Kualitas listrik yang dihasilkan pun sesuai standar. 

Sebaliknya, jika tidak dirawat, maka kemampuan pembangkit itu bisa menurun. Bahkan akibat yang lebih parah bsia saja terjadi kerusakan yang membutuhkan biaya lebih tinggi lagi untuk memperbaikinya. 

Apalagi jika kemudian kerusakan itu membahayakan keselamatan karyawan. Maka hal ini jelas menimbulkan dampak yang lebih buruk.
Image by Th G from Pixabay.com
Oleh karena itu, sebisa mungkin pembangkit harus dirawat dengan teratur. Sehingga mesin-mesin maupun alat-alat bisa beroperasi secara normal. Kegiatan operasional pembangkit pun bisa berlangsung dengan lancar. Dan yang juga tak kalah pentingnya mesin dan alat itu bisa lebih awet. 

Dalam data yang beredar, kerusakan mesin di pembangkit itu bisa terjadi satu sampai dua kali dalam setahun. Hal itu bisa saja diminimalkan dengan perawatan yang rutin. Setiap kali ada masalah yang timbul, coba untuk langsung dicari solusinya. Sehingga masalah tersebut tidak sampai meremebet dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. 

Dari perawatan secara kontinu, ketika timbul gejala-gejala tertentu yang mengarah pada masalah, bisa segera diantisipasi. Dalam lingkup industri, perawatan pembangkit ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu perawatan rutin dan perawatan yang dilakukan dalam periode tertentu. 

Perawatan rutin ini dilakukan harian, mingguan, serta bulanan. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi menjaga kebersihan mesin, memastikan oli dan bahan bakar selalu cukup.

Sedangkan perawatan dalam periode tertentu ini biasanya dilakukan tiap beberapa bulan sekali. Di sini biasanya digunakan jasa dari perusahaan yang memililiki layanan maintenance pembangkit. Seperti salah satunya bisa ditemukan di http://sewatama.com/id/product/operations-and-maintenance/.

Tak hanya itu, perusahaan tersebut juga memiliki solusi listrik lainnya sepertti penyewaan genset. Selengkapnya bisa dilihat di http://sewatama.com/id/product/power-rental/sewa-genset-solusi-kelistrikan/.

Memaang perencanaan itu hal yang sangat penting. Dengan perawatan yang memadai, pembangkit pun selalu dalam keadaan prima dan siap mengalirkan pasokan listrik yang stabil. Selain itu, manfaatnya juga terasa dengan ketahanan mesin yang lebih awet. 

Advertisement

Post a Comment