Inilah 4 Jenis Aksesoris Mobil yang Tidak Boleh Digunakan

Advertisement
Mobil merupakan kendaraan yang terkenal memberikan kenyamanan untuk penggunanya. Sehingga tidak heran walaupun mempunyai harga yang tinggi, banyak orang yang rela untuk kredit mobil untuk mendapatkan jenis transportasi ini. Mobil yang dimiliki juga mempunyai banyak pilihan aksesoris mobil yang bisa dipasang untuk mempercantik dan juga membuat mobil lebih nyaman dan sesuai dengan kepribadian pemiliknya. Akan tetapi ketika memilih aksesoris untuk mobil tersebut juga harus dengan beberapa pertimbangan. 
Ilustrasi. Photoright: MikesPhotos / www.pixabay.com
Bukan hanya untuk kecantikan terutama harus mengutamakan keamanan mobil. Dimana contohnya beberapa aksesoris untuk mobil seperti di bawah ini yang sebenarnya tidak boleh dibeli dan dipasang karena bisa berbahaya dan tidak sesuai dengan standard.

1. Sarung lingkar kemudi

Jenis aksesoris untuk mobil pertama yang sebenarnya tidak boleh digunakan adalah sarung untuk lingkar kemudi. Aksesoris ini digunakan untuk membungkus lingkar kemudi dan mempunyai banyak bahan yang ditawarkan. Seperti misalnya bahan yang tidak aman digunakan karena lebih licin apabila digunakan dan juga yang mudah rusak. Hal tersebut tentu saja akan membuat tampilan mobil lebih sesuai seperti yang diinginkan akan tetapi kurang dari segi keamanannya. Oleh karena itulah sebaiknya apabila membeli sarung kemudi untuk lingkar kemudi pilihlah bahan yang aman dan sesuaikan dengan ukurannya agar tidak longgar yang juga dapat berbahaya.

2. Karpet lantai

Jenis aksesoris mobil selanjutnya yang juga tidak aman untuk dibeli dan digunakan adalah karpet lantai yang tidak OEM atau original equipment manufacturing. Dimana karpet mobil jenis tersebut justru sangat berbahaya karena tidak akan menempel dengan baik pada bawah pedal dan gas mobil. Sehingga hal tersebut justru akan berbahaya karena dapat untuk terangkat ketika sedang berkendara dan menganggu konsentrasi. Oleh karena itulah sebaiknya pilihan karpet lantai mobil yang OEM walaupun memang harganya lebih mahal.

3. Lampu depan yang berwarna

Jenis aksesoris selanjutnya yang sebaiknya dihindari dipasang pada mobil adalah lampu depan yang berwarna. Lampu depan pada mobil sebaiknya pilih yang tidak berwarna terutama hindari untuk memilih warna kuning. Karena warna kuning dapat untuk membahayakan pandangan pengguna jalan lainnya karena sinarnya yang terlalu terang. Oleh karena itulah pilih warna lampu depan yang standard dan tidak mengganggu pandangan dari pengendara yang lain.

4. Kabel listrik aftermarket

Dan aksesoris mobil selanjutnya yang sebaiknya dihindari adalah kabel listrik aftermarket. Dimana untuk memasang sistem audio pada mobil atau juga untuk memasang set lampu akan membutuhkan kabel tambahan. Sehingga hal tersebut membutuhkan kabel listrik sebagai salah satu tambahan aksesoris yang diperlukan. Ketika memilih kabel listrik tersebut pilihlah yang baik dengan material yang asli. Karena apabila memilih kabel listrik aftermarket akan menyebabkan panas berlebihan yang dapat mengakibatkan koslet dan terbakar.

Advertisement

Post a Comment