Fakta-Fakta Kehamilan: Munculnya Rasa Tidak Nyaman

Advertisement
Ilustrasi. Photoright: Pexels-2286921 / www.pixabay.com
Memasuki trimester kedua kehamilan terjadi berbagai rasa tidak nyaman  yang dialami oleh ibu. Yuk, simak informasinya agar terhindar dari kekhawatiran.

Mengalami Kram

Semakin bertambahnya usia kehamilan, terkadang ada saja hal yang kurang nyaman dapat terjadi, misalnya saja mengalami kram pada kaki terutama di malam hari. Jika sudah mulai merasakan kram lakukan peregangan sebelum tidur. Memperbanyak minum air putih dan aktivitas yang berhubungan dengan fisik juga bagus untuk mengurangi kram. 

Dapat pula dengan melakukan perendaman telapak kaki menggunakan air hangat atau dengan mengompres air dingin di bagian yang kram. Pastikan pula pertambahan berat badan tidak berlebihan, maksimal 3 kg/bulan.

Gusi Lebih Sensitif

Di masa kehamilan terkadang perubahan hormon dapat membuat gusi menjadi lebih lunak dah tentu saja, sensitif. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan sirkulasi darah ke gusi. Tak jarang hal ini menyebabkan rasa ngilu yang luar biasa.

Gunakan sikat gigi dengan bulu halus dan gosok secara perlahan dengan gerakan memutar. Jika merasakan ngilu, kompres gusi yang sakit menggunakan es batu. Dapat pula menghilangkan nyeri dengan mengunyah beberapa lembar daun sirih yang telah dicuci bersih.

Detak Jantung Cepat

Ketika hamil jantung bekerja lebih keras dan membuat fisik menjadi lebih mudah merasakan kelelahan yang amat sangat. Hal ini terjadi karena jantung memompa hingga 50% darah untuk mengisi tali pusar dan plasenta untuk persiapan persalinan. 

Istirahat yang cukup, konsumsi vitamin dan makanan yang bergizi dapat membantu tubuh untuk melewati fase ini. 

Rahim Membesar

Ketika di trimester kedua, rahim mengalami peregangan hingga 14 kali ukuran sebelumnya. Di dalam rahim terdapat cairan ketuban dengan berat hingga 2 kg! Menakjubkan!

Pembesaran Payudara

Saat kehamilan berusia 20 Minggu, payudara mulai terasa tidak nyaman dan lebih sesak dari sebelumnya, karena payudara sudah mulai terisi dengan kolostrum untuk proses menyusui pasca melahirkan. Gunakan bra lebih besar satu tingkat dari ukuran sebelumnya agar tidak mengalami sesak ketika bernapas. 

Semua perubahan yang terjadi ketika bertambah usia kehamilan menandakan pertumbuhan janin yang baik dan sehat. Tetap rutin memeriksakan kehamilan agar kondisi tetap fit.

Advertisement

Post a Comment