Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah

Kemiskinan merupakan sebuah permasalahan yang menjadi sorotan banyak fihak, hal ini wajar mengingat bahwa sudah banyak upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengurangi angka kemiskinan. Banyaknya orang miskin membuat permasalahan sosial meningkat, kesenjangan sosial turut memicu timbulnya persoalan yang sangat kompleks di masyarakat.

Bicara soal kemiskinan di Jawa Tengah, setidaknya terdapat 15 kabupaten termiskin dari jumlah total 35 kabupaten/kota yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Dari data yang saya baca di portal berita www.pikiran-rakyat.com, bulan September 2015, Wonosobo adalah kabupaten termiskisin di Jateng, dengan jumlah angka kemiskinan mencapai 22,02%. Untuk urutan kedua kabupaten termiskin adalah Kebumen, dengan jumlah angka kemiskinan mencapai 21,32%.
Jumlah Angka Kemiskinan di Jawa Tengah
Urutan 15 kabupaten termiskin di Jawa Tengah secara lengkap bisa dilihat dalam daftar berikut ini:

  1. Kabupaten Wonosobo, jumlah angka kemiskinan 22,02 persen
  2. Kabupaten Kebumen, jumlah angka kemiskinan 21,32 persen
  3. Kabupaten Rembang - 20,97 persen
  4. Kabupaten Brebes - 20,82 persen
  5. Kabupaten Purbalingga - 20,53 persen
  6. Kabupaten Pemalang - 19,27 persen
  7. Kabupaten Banjarnegara - 18,71 persen
  8. Kabupaten Banyumas - 18,44 persen
  9. Kabupaten Sragen - 15,93 persen
  10. Kabupaten Demak - 15,72 persen
  11. Kabupaten Klaten - 15,60 persen
  12. Kabupaten Purworejo - 15,44 persen
  13. Kabupaten Cilacap - 15,24 persen
  14. Kabupaten Grobogan - 14,87 persen
  15. Kabupaten - Blora 14,64 persen

Selain lima belas kabupaten diatas, tidak menutup kemingkinan kabupaten/kota lain bisa mengalami permasalahan yang sama. Untuk mengatasi persoalan kemiskian, dibutuhkan sinergi dari semua fihak, harus ada program penanggulangan kemiskian yang terpadu antara pemerntah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota. Butuh penyamaan persepsi dan data yang valid agar dalam penyusuanan program lebih terarah dan tepat sasaran.

Memang saat ini sudah banyak progrma-program yang dibuat untuk menanggulangi kemiskinan, tapi terkadang indikator dan data kemiskinan berbeda-beda, sehingga tidak dapat mengena secara keseluruhan. Bahkan, program satu dengan yang lain terkadang tidak sejalan. Oleh karena itu penyamaan persepsi dan data yang dipergunakan harus sama, sehingga akan lebih mengena. Harapannya angka kemiskinan di jawa Tengah dan juga di Indonesia bisa menurun, dan harapannya sudah tidak ada lagi orang miskin di Indonesia.


Sebagai tambahan informasi, berdasarkan data dari BPS Provinsi Jawa Tengah, Penduduk Miskin Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2010, 2011 dan 2012 adalah seperti dalam tabel berikut:
Penduduk Miskin Menurut KabupatenKota di Jawa Tengah Tahun 2010, 2011 dan 2012
Demikian tadi daftar kabupaten termiskin di Jawa Tengah beserta tabel penduduk miskin menurut kabupaten/kota di Jaw Tengah, semoga permasalahan kemiskinan bisa segera teratasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Daftar Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah"