6 Jenis Kacamata Virtual Reality Paling Baik di Tahun 2018

Advertisement
Berbicara kacamata mungkin sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Namun apakah Anda tahu apa itu kacamata Virtual Reality atau VR? Ya, kacamata VR adalah sebuah teknologi dari kacamata berbentuk tiga dimensi (3D) dimana bisa menghasilkan sebuah gambar sama seperti gambar secara real atau nyata. Semacam Anda sedang nonton film dan Anda pun berada di dalam film tersebut. Bagaimana hal yang menarik bukan?

Perkembangan teknologi ini juga telah mengalami kemajuan yang relatif pesat. Bahkan juga sudah banyak bukti nyata dengan munculnya vendor besar yang memproduksi VR yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan harga beragam, mungkin juga akan sedikit menguras dompet Anda. Agar bisa merasakan kelebihan tersebut maka akan dibutuhkan kacamata sebagai pendukung kebutuhan.
Ilustrasi. Photoright: Silvia & Frank / www.pixabay.com
Kacamata VR pada dasarnya memiliki bentuk yang nyaris sama dengan kacamata pada umumnya. Hanya saja ada sedikit tambahan ruang yang digunakan untuk menaruh smartphone. Konsep VR ini mampu menjadikan film ataupun game yang sedang Anda mainkan semakin terasa nyata. 

Hal ini tentunya berhasil menjadi inovasi dari teknologi yang paling baru yang menjadikan para pengguna mudah membawanya kemana-mana. Lalu seperti apa ya kira-kira bentuk kamera Virtual Reality itu. Berikut ini adalah beberapa jenis rekomendasi kacamata tersebut:

1. Sony PlayStation

Sony PlayStation menjadi kacamata pertama yang direkomendasikan. Produk dari Sony ini telah dirilis sejak tahun 2016 yang mana bisa digunakan pada layar LCD 5 inch. Bahan material yang digunakan sendiri adalah prototipe asli. 

Kacamata VR dari Sony telah dibekali sebuah teknologi dengan kemampuan refresh rate sebesar 120Hz dengan fungsi untuk menjadikan game PS lebih terasa nyata. Adanya berbagai macam fitur tadi akan mendukung kenyamanan Anda ketika menggunakannya. Harga yang ditawarkan untuk satu kacamata dari Sony ini cukup murah yaitu lima hingga 6 jutaan.

2. Samsung Gear VR

Kehadiran seri Samsung Gear VR ini telah menjadi salah satu terobosan dari teknologi virtual reality yang mana bisa memberikan warna baru di dalam pasar modern seperti saat ini. Jenis kacamata ini adalah kacamata paling baik yang tentunya kompatibel jika digabungkan dengan smartphone Samsung Galaxy misalnya saja seri Note 4 dan seri S6.

Di bagian depan dari slot lensa ada tempat yang nantinya bisa digunakan untuk meletakan micro USB. Bukan hanya itu saja kacamata dari Samsung ini juga menyajikan layar yang super AMOLED.
Beberapa review dari para konsumen yang telah mencoba memberikan kesaksian bahwasanya kacamata seri ini memang sangat mengagumkan dan bisa menampilkan sisi visual yang begitu nyata. Selain itu Samsung juga cukup memberi jaminan pemakaian untuk main game dan nonton film.

3. LG Seri 369 VR

Tidak mau kalah dengan vendor lainnya, perusahaan LG juga mulai meluncurkan produk kacamata virtual reality. Bentuk yang dimiliki juga hampir sama dengan Google Cardboard. Kacamata LG 36 VR ini dapat digunakan pada smartphone LG seri G3. Akhir-akhir ini LG juga telah mempersiapkan kacamata terbaru seri LG S% agar bisa kompatibel jika digabungkan dengan smartphone.

Hal menarik yang bisa Anda temukan dari kacamata VR seri ini adalah Anda tidak lagi perlu meletakan ponsel tepat di depan kacamata. Sebab ponsel yang Anda miliki sudah secara otomatis langsung terhubung ke kacamata lewat koneksi USB-C. Bagaimana mulai tertarik untuk mempunyai kacamata LG seri 360 VR?

4. Homido VR

Kacamata dengan teknologi virtual reality yang keempat ini pada dasarnya memang sengaja dirancang lebih kompatibel untuk penggunaan ponsel berbasis Android atau iPhone. Homido VR merupakan salah satu kacamata VR yang dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Mungkin hampir keseluruhan aplikasi berteknologi VR yang ada di Google Play Store sudah bisa digunakan dengan kacamata Homido ini.

Kira-kira jenis ponsel Android seperti apa yang dapat dipakai pada kacamata satu ini? Jika Anda sekarang punya ponsel Samsung seri Galaxy S7, maka handset yang ada dapat digunakan dalam kacamata Homido VR.

Bukan hanya itu saja, ternyata kacamata ini juga menawarkan sudut pandang 100 derajat dimana ada tiga pengaturan yang menjadi alternatif dan Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kenyamanan diri. Misalnya saja far-sighted, normal dan near-sighted.

5. Razer OSVR

Kacamata virtual reality ternyata juga dirilis oleh Razer sebagai produk terbaik yang mana patut apabila Anda pertimbangkan. Seri Razer OSVR ini merupakan sebuah kacamata VR dengan kinerja pada beberapa sistem operasi pada Android, Linux dan juga Windows. Ada banyak sekali platform beberapa game yang mana bisa bekerja dengan baik apabila dimainkan menggunakan Razer OSVR.

Sebagai brand yang menyediakan berbagai peralatan untuk gaming, maka kualitas dari semua produknya pun terbaik. Ada juga game VR yang dahulunya hanya dapat dimainkan pada Steam VR kini juga bisa dimainkan lewat Razer OSVR. Kacamata satu ini tentu jadi pilihan yang sangat tepat

6. Oculus Rift

Teknologi virtual reality juga hadir para kacamata Oculus Rift yang mana menawarkan sisi visual yang tentunya lebih realistis. Kacamata ini telah berhasil dikembangkan oleh Palmer Luckey yang mana sempat diberi dana oleh Kickstarter dan pada akhirnya dibeli oleh perusahan Facebook dengan harga yang sangat fantastis yaitu 2 Miliar dolar Amerika.

Demikian 6 Jenis kacamata virtual reality yang dapat Anda pilih. Beberapa kacamata di atas akan membawa Anda pada sebuah pengalaman baru yang tentunya akan berbeda. Kacamata VR akan sangat cocok bagi Anda yang mengakui pecinta game dan juga film. Semuanya akan terasa seperti dunia nyata dan Anda pun seolah-olah berada pada game atau film yang sedang dimainkan.

Advertisement

Post a Comment