Mencicipi Lezatnya Kuliner Khas Cirebon di 5 Destinasi Berikut Ini

Advertisement
Sebagai daerah yang membatasi Pulau Jawa bagian tengah dan barat, wilayah Cirebon terbilang tidak begitu luas. Meskipun demikian, banyak destinasi wisata di kota ini yang mampu menyihir para wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung. 
(sumber : tripadvisor.com)
Salah satu keunikan dari Kota Cirebon adalah kulinernya. Kabarnya, sajian khas Kota Udang ini memiliki kelezatan yang begitu menggoda. Mana saja destinasi wisata kuliner yang patut Anda singgahi ketika berkunjung ke Cirebon? Berikut ulasannya:

1. Empal Gentong Haji Apud

Kuliner pertama yang wajib Anda coba saat ke Cirebon adalah empal gentong Haji Apud, yang berlokasi di Jl. Raya Ir. H. Juanda 24, Battembat, Cirebon. Hidangan berupa empal atau daging ini disajikan dengan kuah kaldu khusus ditambah irisan tomat dan daun bawang. Bersama nasi putih dan teh hangat, rasa empal gentong menjadi lebih nikmat.

Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Cukup dengan Rp16.000,00 saja, Anda bisa mencicipi semangkuk empal gentong panas. Rumah makan di Cirebon ini tak pernah sepi pengunjung, jadi jangan sampai kehabisan, ya.

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi jamblang merupakan hidangan berupa nasi putih yang dibungkus dengan daun jati. Nasi ini bisa disantap dengan aneka macam lauk, seperti otak sapi goreng, sate kentang, cumi hitam, dan masih banyak lagi. Selain daun jati sebagai pembungkusnya, ciri khas kuliner ini ada pada aromanya yang begitu wangi. Di Cirebon, Restoran Nasi Jamblang Ibu Nur adalah yang paling sering dikunjungi, baik oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Restoran ini ada di Jl. Cangkring II, Kota Cirebon.

3. Nasi Lengko Pagongan H. Barno

Hidangan satu ini memang sudah bisa dinikmati di mana saja. Akan tetapi, tak lengkap rasanya jika tak mencobanya langsung dari kota asalnya, Cirebon. Nasi lengko berupa nasi putih dengan taburan tempe, kucai, dan tauge yang disiram kecap dan bumbu kuah kacang. Salah satu kedai penjaja hidang ini adalah rumah makan H. Barno, yang berlokasi di Jl. Pagongan 15B, Cirebon.

4. Restoran Klapa Manis

Restoran yang berlokasi di Jl. Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan, Beber, Cirebon, ini adalah salah satu restoran paling terkenal di Kota Cirebon. Di sini, Anda akan ditemani oleh pemandangan kota yang indah sembari bersantap. Dekorasinya pun menarik dan cantik dengan lampu-lampu gantung bernuansa temaram. Menu yang tersedia di sini beragam, mulai dari aneka masakan sunda hingga camilan dengan harga yang terjangkau.

5. Tahu Gejrot

Sama halnya dengan nasi lengko, keberadaan kuliner satu ini telah tersebar hampir di seluruh wilayah di Pulau Jawa. Kudapan khas Cirebon ini berupa irisan tahu goreng tawar yang disiram dengan kuah asam yang telah dicampur bawang merah dan cabai rawit. Paduan rasa manis, asam, asin, dan pedas di lidah dijamin akan membuat Anda ketagihan. Selain mudah didapat, harga kudapan ini juga amat murah.
Anda pasti membutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk bisa mencicipi semua kuliner yang ada di Kota Cirebon. Agar tidak menguras kantong, Anda bisa mencari hotel murah di Cirebon, misalnya Airy Rooms. Harga yang murah tak membuat akomodasi ini murahan. Nyatanya, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas berkelas, mulai dari kasur bersih dan empuk, AC, televisi layar datar, dan air mineral serta koneksi Wi-FI gratis. Kamar mandinya menggunakan shower air panas, lho.

Yuk, segera pesan melalui aplikasi atau www.airyrooms.com, dan selesaikan pembayaran dengan kartu kredit atau di gerai Indomaret terdekat. 

Advertisement

Post a Comment