Arti Lambang ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Kawasan Asia Tenggara)

Pada tulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai tujuan didirikannya ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Seperti sudah diketahui bahwa ASEAN merupakan perkumpulan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Awalnya pada tanggal 8 Agustus 1967, lima negara di kawasan Asia Tenggara berkumpul mengadakan pertemuan yang disebut konferensi, di Bangkok, Thailand. Latar belakang pertemuan ini adalah kesaman nasib sebagai negara yang pernah di jajah. Kelima negara yang berkumpul di Bangkok tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Adapun hasil dari konferensi tersebut adalah kesepakatan pembentukan organisasi negara-negara Asia Tenggara yang disebut ASEAN (Association of South East Asian Nations). 

Dari awal terbentuknya ASEAN yang hanya terdiri dari lima negara, dalam perkembangannya mengalami penambahan anggota, dimana negara Asia Tenggara lain ikut bergabung menjadi anggota. Brunei Darussalam (7 Januari 1984), Vietnam (28 Juli 1995), Laos dan Myanmar (23 Juli 1997), Kamboja (16 Desember 1998). Dan tidak menutup kemungkinan anggota akan terus bertambah, mengingat saat ini sedang menjajaki perluasan anggota kepada negara-negara tetangga di sekitar ASEAN.

Arti Lambang ASEAN



Gambar diatas merupakan lambang dari ASEAN, terdiri dari empat kombinasi warna, yaitu biru, putih, merah dan kungkin. Dari referensi yang saya baca, makna atau arti dari lambang tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Ikatan sepuluh untai padi menggambarkan cita-cita pendiri ASEAN untuk bekerja sama antarnegara anggota dalam solidaritas.
  2. Lingkaran menggambarkan persatuan ASEAN.
  3. Warna biru pada lingkaran luar menggambarkan kedamaian dan kestabilan.
  4. Warna merah pada dasar logo mengambarkan keberanian dan kedinamisan.
  5. Warna putih pada lingkaran dalam menggambarkan kesucian.
  6. Warna kuning dari untaian padi menggambarkan kemakmuran.

Semoga saja tujuan didirikannya organisasi ini dan harapan yang tertuang dalam lambang tersebut bisa terwujud. Demikian uraian singkat mengenai lambang dari ASEAN, semoga bisa menambah wawasan. 

Advertisement

Post a Comment