5 Pulau Terbesar di Indonesia Yang Berpenghuni

Indonesia merupakan negara kepulauan, karena Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang membentang dari sabang hingga merauke. Jumlah pulau di Indonesia ada ribuan, bahkan dari sekian banyak pulau tersebut ada yang belum bernama. Pulau-pulau di Indonesia hanya sebagian kecil yang berpenghuni, lainnya masih kosong dan bahkan tidak terurus.
5 Pulau Terbesar di Indonesia Yang Berpenghuni
Peta Indonesia ( Sumber: petacitra.blogspot.com )
Ada sejumlah pulau besar di Indonesia yang berpenghuni, lima diantaranya adalah:

1. Pulau Kalimantan

Berdasarkan data dari Wikipedia, luas total wilayah Pulau Kalimantan adalah 743,330 km², sehingga tidak mengherankan jika Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Pulau Kalimantan merupakan pulau yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. 

Pulau Kalimantan tidak seluruhnya masuk dalam wilayah NKRI, ada sebagian yang masuk menjadi wilayah Brunei dan Malaysia, namun yang terbesar adalah bagian dari wilayah negara Indonesia. dari data di rangkumanku.wordpress.com, luas wilayah Pulau Kalimantan yang menjadi bagian wilayah NKRI adalah 539.460 km2.

Pembagian wilayah administratif di Kalimantan adalah terbagi kedalam lima wilayah provinsi, masing-masing provinsi tersebut adalah:

  1. Kalimantan Tengah, dengan ibu kota di Palangkaraya
  2. Kalimantan Timur, dengan ibu kota di Samarinda
  3. Kalimantan Selatan, dengan ibu kota di Banjarmasin
  4. Kalimantan Barat, dengan ibu kota di Pontianak
  5. Kalimantan Utara, dengan ibu kota di Tanjung Selor


2. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia, berdasarkan data dari Wikipedia, luas wilayah Pulau Sumatera adalah 470.000 km². Letak pulau ini adalah di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. 

Batas Pulau Sumatera adalah:
Sebelah utara: Teluk Benggala, 
Sebelah timur: Selat Malaka, 
Sebelah selatan: Selat Sunda
Sebelah barat: Samudra Hindia

Berdasarkan pembagian wilayah administratif, Sumatera terbagi kedalam sepuluh provinsi, nama-nama provinsi tersebut adalah:
  1. Provinsi Sumatera Utara
  2. Provinsi Sumatera Selatan
  3. Provinsi Sumatera Barat
  4. Provinsi Riau
  5. Provinsi Jambi
  6. Provinsi Naggroe Aceh Darussalam (DI Aceh)
  7. Provinsi Lampung
  8. Provinsi Bengkulu
  9. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  10. Provinsi Kepulauan Riau


3. Pulau Papua

Pulau Papua merupakan pulau yang dahulu biasa disebut dengan Pulau Irian, merupakan pulau terbesar kedua di dunia. Data di Wikipedia menyebutkan bahwa luas wilayah total dari Pulau Papua adalah 786.000 km². Namun, dari total luas wilayah tersebut tidak seluruhnya masuk kedalam wilayah negara Indonesia, karena pulai ini dibagi dalam dua wilayah yang sebagian barat adalah bagian wilayah Indonesia, sedangkan bagian timur adalah bagian wilayah Papua Nugini.

Luas wilayah Pulau Papua yang menjadi bagian wilayah NKRI adalah 421.981 km2, dan terbagi kedalam dua wilayah administratif provinsi, yaitu:
  1. Provinsi Papua
  2. Provinsi Papua Barat


4. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia, atau terluas keempat di Indonesia setelah Kalimantan, Papua, dan Sumatera. Luas wilayah pulau ini adalah 174.600 km².

Pembagian wilayah administratif di Sulawesi terdiri dari enam provinsi, yaitu:
  1. Provinsi Sulawesi Barat (Mamuju)
  2. Provinsi Sulawesi Utara (Manado)
  3. Provinsi Sulawesi Tengah (Palu (kota))
  4. Provinsi Sulawesi Selatan (Makassar)
  5. Provinsi Sulawesi Tenggara (Kendari)
  6. Provinsi Gorontalo (Gorontalo)


5. Pulau Jawa

Data Wikipedia menyebutkan bahwa luas wilayah Pulau jawa adalah 126.700 km² (48.919,1 mil²). Meskipun Pulau Jawa bukanlah pulau terbesar di Indonesia, namun secara jumlah populasi penduduk, Pulau Jawa menempati urutan pertama jumlah pendduduk terbesar di Indonesia.

Pulau Jawa bisa dikatakan menjadi pusatnya Indonesia, dimana di pulau ini pusat pemerintahan berada. Ya, ibu kota negara berada di Jakarta, yang merupakan kota di wilayah administratif Provinsi DKI Jakarta.

Secara administratif pulau Jawa terbagi kedalam enam provinsi, yaitu:
  1. Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  2. Provinsi Jawa Barat, ibukota Kota Bandung
  3. Provinsi Jawa Tengah, ibukota Kota Semarang
  4. Provinsi Jawa Timur, ibukota Kota Surabaya
  5. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ibukota Kota Yogyakarta
  6. Provinsi Banten, ibukota Kota Serang


Demikian lima pulau terbesar di Indonesia yang berpenghuni. Selain lima pulau tersebut diatas, masih banyak pulau yang berpenghuni, semisal Pulau Bali, Pulau Flores, dan lain sebagainya. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia, tidak menutup kemungkinan penyebaran penduduk bisa lebih merata, meskipun tingkatannya masih sangat kecil. 


Pulau Jawa merupakan pulau yang paling padat penduduknya, orang dari luar Pulau Jawa pun banyak yang merantau dan akhirnya menetap di Jawa. Harapannya kedepan penyebaran penduduk bisa lebih merata, sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam banyak aspek, dan kondisi seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar dalam pulau-pulau di Indonesia bisa lebih sejahtera.

Advertisement

Post a Comment