Nama Kabupaten/ Kota di Provinsi Kalimantan Timur

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Di Pulau Kalimantan terbagi kedalam beberapa wilayah provinsi, salah satunya adalah Provinsi Kalimantan Timur. Terletak antara 113°44' dan 119°00' Bujur Timur, dan antara 2°33 'Lintang Utara dan 2°25' Lintang Selatan. Berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi.
Lambang Provinsi Kalimantan Timur
Provinsi yang biasa di singkat Kaltim ini merupakan provinsi yang terletak dibagian ujung timur Pulau Kalimantan. Luas total Kalimantan Timur adalah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta dengan ibu kota provinsi di Samarinda. Sebelum pemekaran Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia, dengan luas hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Dengan adanya perkembangan dan pemekaran wilayah, Kalimantan Timur yang merupakan provinsi terluas ketiga setelah Papua dan Kalimantan Tengah, dibagi menjadi 7 (tujuh) kabupaten, 3 (tiga) Kota, 103 kecamatan dan 1.026 desa/kelurahan.

Berikut adalah daftar Kabupaten dan Kota yang masuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur :
  1. Kabupaten Berau
  2. Kabupaten Kutai Barat
  3. Kabupaten Kutai Kartanegara
  4. Kabupaten Kutai Timur
  5. Kabupaten Mahakam Ulu
  6. Kabupaten Paser
  7. Kabupaten Penajam Paser Utara
  8. Kota Balikpapan
  9. Kota Bontang
  10. Kota Samarinda

Sebagai catatan dan tambahan informasi, Provinsi Kalimantan Utara resmi disahkan rapat Paripurna DPR RI tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2012, namun akan berdiri sepenuhnya mulai tahun 2015. 

Adapun Kabupaten dan Kota yang masuk ke wilayah Provinsi Kalimantan Utara adalah sebagai berikut :

  1. Kabupaten Bulungan
  2. Kabupaten Malinau
  3. Kabupaten Nunukan
  4. Kabupaten Tana Tidung
  5. Kota Tarakan

Demikian nama kabupaten/ kota di Provinsi Kalimantan Timur dan sekilas mengenai kabupaten/ kota di Provinsi Kalimantan Utara. Dengan adanya otonomi daerah tidak menutup kemungkinan terjadi pemekaran wilayah provinsi maupun kota/ kabupaten di Kalimantan Timur. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Post a Comment