Obyek Wisata di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat, letaknya di bagian utara Kalimantan Barat. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Sambas yang karena adanya Undang-undang Otonomi Daerah dimekarkan menjadi 3 daerah otonom yang terpisah, yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang. Terletak. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia.
Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat
Peta Kabupaten Bengkayang / img: https://petatematikindo.wordpress.com
Secara geografis, Kabupaten Bengkayang terletak di 0°33'00" Lintang Utara sampai 1°030'00" Lintang Utara dan 108°039'00" Bujur Timur sampai 110°010'00" Bujur Timur. Secara administratif, batas-batas wilayah Kabupaten Bengkayang adalah sebagai berikut:
  • Utara     : Serawak-Malaysia Timur dan Kabupaten Sambas
  • Selatan  : Kabupaten Pontianak
  • Barat     : Laut Natuna dan Kota Singkawang
  • Timur   : Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Landak

Kabupaten Bengkayang mempunyai banyak tempat indah yang layak dijadikan referensi berwisata. Beberapa Obyek Wisata yang berada diwilayah Kabupaten Bengkayang diantaranya adalah :

Riam Pelayo
Obyek unggulan dari riam ini berupa air terjun dengan ketinggian 10 meter, aneka flora dan fauna, tempat luncuran dengan panjang 6 meter. Letak Riam Paleyo kurang lebih berjarak 7 KM dari Ibukota Bengkayang, tepatnya di Desa Cipta Karya Dusun Riam Kecamatan Sungai Betung.

Riam Sangadum
Tempat wisata ini terletak di Dusun Melayang Desa Sahan Kecamatan Seluas dengan ketinggian ± 15 meter, jarak dari Bengkayang + 80 km. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama + 20 menit.

Riam Baro
Riam Baro adalah obyek wisata yang terletak di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas. Riam ini memiliki tingkat sebanyak 2 buah tingkat pertama ketinggiannya ± 10 meter dan tingkat kedua ketinggiannya ± 8 meter, di riam ini juga terdapat batu yang berbentuk Kapal dengan ketinggian ± 16 meter, jarak dari Kabupaten Bengkayang kurang lebih 85 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama 40 menit.

Riam Pain’t Batah
Riam Pain’t Batah terletak di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas dengan ketinggian ± 8 meter, jarak dari Kabupaten Bengkayang sekitar 80 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama 15 menit.

Riam Erang
Riam Erang terletak di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas dengan 2 tingkat, tingkat pertama dengan ketinggian ± 8 meter dan tingkat kedua dengan ketinggian ± 12 meter, jarak dari Kabupaten Bengkayang kurang lebih 85 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 dan disambung dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Riam Marum
Obyek wisata ini terletak di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuhbelas dengan ketinggian ± 50 meter jarak dari Bengkayang + 85 km. Untuk menuju kelokasi wisata dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama + 20 menit.

Riam Bangaram
Riam Bangaram terletak di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas dengan ketinggian ± 10 M, jarak dari Bengkayang + 75 km. Untuk sampai ketempat wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama + 20 menit.

Riam Jugan
Riam Jugan terletak di Sanggau Ledo Desa Lembang Kecamatan Sanggau Ledo dengan ketinggian ± 15 meter jarak dari Kabupaten Bengkayang sekitar 50 km, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Riam Susok
Riam Susok terletak di Dusun Pejampi Desa Mayak Kecamatan Seluas dengan ketinggian ± 20 meter jarak dari Kabupaten Bengkayang sekitar 66 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Riam Mangkamang
Riam Mangkamang terletak di Dusun Pejampi, Desa Mayak, Kecamatan Seluas dengan ketinggian ± 15 meter jarak dari Kabupaten Bengkayang sekitar 66 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Air Terjun Merasap
Air terjun riam merasap terletak di Dusun Segonde desa Pisak Kecamatan Tujuh Belas dengan ketinggian 20 meter. Objek unggulan dari kawasan ini adalah air terjun, aneka flora dan fauna dan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti Patung Bunda Maria. Untuk sampai kelokasi, jarak tempuh 62 Km dari kota Bengkayang dan dapat dikunjungi dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Air Terjun Berawan't
Obyek wisata ini terletak di Dusun Melayang Desa Sahan Kecamatan Seluas dengan ketinggian ± 75 meter jarak dari Bengkayang ± 80 km.Dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 disambung dengan berjalan kaki selama + 30 menit.

Air Terjun Seraung
Merupakan kawasan yang terletak di Kecamatan Siding ; dengan jarak tempuh dari Ibukota Bengkayang 124 KM, dapat dikunjungi dengan kendaraan roda dua.

Air Panas (Spax)
Kawasan obyek wisata yang terletak di Kecamatan Jagoi Babang. Ciri khas dari air ini adalah air terasa hangat ; bisa digunakan untuk terapi kesehatan dan pengobatan reumatik. Di sekitar lokasi ini terdapat keindahan pesona alam yang cukup menjanjikan untuk pengembangannya. Jarak tempuh dari Ibukota Bengkayang kurang lebih 100 KM. 

Danau Taipi
Letak Danau Taipi adalah di Kecamatan Monterado, panorama kawasan danau ini masih indah dan asli. Jarak danau Taipi dari Ibukota Bengkayang kurang lebih 53,18 KM dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Hutan Adat
Hutan Adat Pengajit atau Hutan Pikol terletak di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas dengan luas 100 Ha, hutan Adat ini telah diresmikan oleh Bupati Bengkayang pada tanggal 15 Oktober 2002, jarak dari Kabupaten Bengkayang kurang lebih 80 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Demikian Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat yang bisa dijadikan sebagai aternatif tempat wisata, semoga bermanfaat. Sumber Referensi Wikipedia

Advertisement

Post a Comment