Sampah dan Faktor Permasalahan Lingkungan

Sampah, mungkin kita dengan mudah membayangkan bentuknya saat mendengar kata ini. Selain tidak mengenakkan, keberadaan sampah sudah menjadi permasalahan bagi kebanyakan orang. Tak mengherankan jika saat ini banyak yang menyoroti keberadaan sampah, terutama dampaknya bagi lingkungan.
Saat ini sampah menjadi sebuah permasalahan baru, karena memang semakin sedikit lahan pembuangan akhir (TPA) dan berbanding terbalik dengan produksi sampah yang semakin banyak. Kepedulian yang kurang dari masyarakat juga memperparah permasalahan sampah, karena makin banyak ditemukan sampah yang berserakan tidak pada tempatnya.

Semakin mudah kita menemukan sampah pada lahan pekarangan, sungai, saluran, dan di pinggir-pinggir jalan. Meski bukan tempatnya, namun lokasi tersebut menjadi alternatif bagi mereka yang kurang peduli dengan lingkungan.

Padahal, membuang sampah sembarangan bisa menimbulkan dampak yang besar, sebut saja dampak negatif bagi kesehatan, pengaruh terhadap keindahan lingkungan, bisa menyebabkan banjir, dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya.

Bila tidak diolah atau diperlakukan dengan benar, tak menutup kemungkinan akan semakin parah dampak sampah bagi kehidupan. makanya, perlu penanaman kesadaran pada masing-masing individu, sehingga kesadaran-kesadaran dari masing-masing orang tersebut diharapkan bisa menular kelingkungan sekitar, sehingga permasalahan sampah bisa segera diatasi dan permasalahan tak akan timbul.
Advertisement

1 komentar:

Saat ini sampah sudah menjadi permasalahan yang pelik, banyak akibat yang ditimbulkan, salah satu yang paling terlihat adalah banjir

Reply

Post a Comment