Butuh Modal Besar Untuk Jadi Kepala Desa

Untuk yang tinggal di desa, bukan kelurahan, mengikuti pesta demokrasi tingkat desa dalam pemilihan kepala desa tentu tak asing dengan proses dan serunya selama proses berlangsung.

Meskipun saya belum pernah mengetahui secara langsung, tapi dari apa yang saya baca dan saya dengarkan, untuk menjadi calon kepala desa dibutuhkan biaya yang sangat besar. Ya, pilkades atau pemilihan kepala desa memang hanya tingkatan desa, namun untuk maju menjadi calon kepala desa dibutuhkan biaya yang sangat besar.

Pemilihan kepala desa atau yang biasa disingkat dengan pilkades memang hingar-bingarnya tak seperti pemilihan kepala daerah (pilkada), ataupun pemilihan presiden (pilpres). Namun, jangan ditanya soal tensi dan biaya yang dibutuhkan untuk sekedar maju jadi calon kepala desa.

Calon kepala desa butuh uang banyak, demikian gambaran yang ada di masyarakat, karena sepertinya memang demikian adanya. Tak cukup jutaan, tapi puluhan dan bahkan ratusan juta rupiah. Ada banyak hal yang perlu dibiayai, mulai dari biaya pedaftaran, pencarian massa, dan kalau jadi, dibutuhkan pula biaya untuk pelantikan.

Apa yang saya sampaikan diatas tidak mutlak terjadi di semua desa, tapi dari pengalaman saya di beberapa wilayah yang pernah saya singgahi (di Jawa Tengah), apa yang terjadi dilapangan memang demikian. Secara pribadi saya kepingin juga menjadi kepala desa, tapi kalau modal yang dibutuhkan untuk menjadi kepala desa begitu besar, mungkin perlu difikir ulang, akan lebih baik kalau uang sebanyak itu buat modal usaha, toh belum tentu jadi juga dan kalapun jadi belum tentu modal yang dikeluarkan akan kembali.

Advertisement

Post a Comment