Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nama Provinsi Yang Ada Di Indonesia

Daftar Nama Provinsi Yang Ada Di Indonesia
Indonesia adalah negara kepulauan yang mempunyai wilayah yang sangat luas, jumlah pulau di Indonesia lebih dari 17.508 buah pulau, dengan luas wilayah keseluruhan mencapai 5.193.252 km2. Oleh karenanya tak mengherankan jika di Indonesia terdapat banyak provinsi. Sebelum terjadi pemerkaran wilayah dan sebelum lepasnya Timor Timur dari NKRI, jumlah provinsi di Indonesia adalah 27 provinsi.

Pasca lepasnya Timor Timur dari Indonesia, jumlah provinsi di Indonesia menjadi 26 provinsi. Hingga akhirnya dengan adanya otonomi daerah dan terjadinya kebijakan pemekaran wilayah, maka sampai saat ini jumlah provinsi di Indonesia adalah 33 provinsi 34 Provinsi, yaitu:
  1. Nanggroe Aceh Darussalam / NAD (Daerah Istimewa)
  2. Sumatera Utara (Sumut)
  3. Sumatera Barat (Sumbar)
  4. Bengkulu
  5. Riau
  6. Kepulauan Riau (Kepri)
  7. Jambi
  8. Sumatera Selatan (Sumsel)
  9. Lampung
  10. Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
  11. DKI Jakarta (Daerah Khusus Ibukota Jakarta)
  12. Jawa Barat (Jabar)
  13. Banten
  14. Jawa Tengah (Jateng)
  15. DI Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta)
  16. Jawa Timur (Jatim)
  17. Kalimantan Barat (Kalbar)
  18. Kalimantan Tengah (Kalteng)
  19. Kalimantan Selatan (Kalsel)
  20. Kalimantan Timur (Kaltim)
  21. Bali
  22. Nusa Tenggara Barat (NTB)
  23. Nusa Tenggara Timur (NTT)
  24. Sulawesi Barat (Sulbar)
  25. Sulawesi Utara (Sulut)
  26. Sulawesi Tengah (Sulteng)
  27. Sulawesi Selatan (Sulsel)
  28. Sulawesi Tenggara (Sultra)
  29. Gorontalo
  30. Maluku
  31. Maluku Utara
  32. Papua Barat
  33. Papua
  34. Kalimantan Utara (Kaltara) 

Beberapa waktu yang lalu, DPR dan Pemerintah menyetujui lima daerah otonom baru (DOB), yang meliputi satu provinsi dan empat kabupaten. Masing-masing dari lima daerah pemekaran baru itu adalah Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), Kabupaten Pesisir Barat (Lampung), Kabupaten Manokwari Selatan (Papua Barat) dan Kabupaten Pegunungan Arfak (Papua Barat). Namun, kelima daerah otonom baru (DOB) itu akan diresmikan sembilan bulan setelah RUU DOB diresmikan.

Kalau sudah resmi, maka jumlah provinsi di Indonesia adalah 34 Provinsi, dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi, mengingat adanya keinginan dari beberapa daerah yang ingin memekarkan wilayahnya. Apapun itu, kita berharap agar semua keputusan bisa menghasilkan yang terbaik bagi Indonesia.

Update: Jumlah provinsi di Indonesia sampai 20 Februari 2015 adalah 34 Provinsi, dimana Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah resmi menjadi provinsi ke-34 di Indonesia. Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Post a Comment for "Nama Provinsi Yang Ada Di Indonesia"