Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanggal/ Hari-Hari Besar Nasional Pada Bulan Pebruari

Bulan Pebruari adalah bulan kedua setelah bulan Januari, dalam penulisannya ada yang pakai Februari atau Pebruari. Banyak orang yang mengatakan kalau bulan Pebruari merupakan bulan kasih sayang, entah dari mana dasarnya saya sendiri kurang begitu mengetahui. Lebih tepatnya ada satu tanggal yakni tanggal 14 Pebruari yang dianggap sebagai hari kasih sayang, dalam istilah asingnya disebut dengan Valentine Day.
Apapun itu, semua kembali pada diri masing-masing orang, namun secara kalender nasional tidak ada catatan mengenai hari kasih sayang, kalaupun ada, tanggal 14 Pebruari diperingati atau dikenang sebagai tanggal dimana PETA melakukan pemberontakan di Blitar, jawa Timur.

Selain itu, pada bulan Pebruari juga terdapat beberapa tanggal yang diperingati sebagai hari besar nasional atau hari penting bersejarah, diantaranya:
  • 5 Pebruari: Hari Ulang Tahun Himpunan Mahasiswa Islam.
  • 5 Pebruari: Hari Peristiwa Kapal Tujuh (Zeven Provicien).
  • 9 Pebruari: Hari Ulang Tahun Pasukan Kavaleri.
  • 13 Pebruari: Hari Farmasi.
  • 14 Pebruari: Hari Peringatan Pemberontakan Peta di Blitar.
  • 19 Pebruari: Hari Ulang Tahun Kohanudnas.
  • 22 Pebruari: Hari Ulang Tahun Masjid Istiqlal, di Jakarta.
Demikian tadi beberapa tanggal bersejarah yang diperingati sebagai hari besar nasional atau hari bersejarah yang berada di bulan Pebruari. Semoga dengan peringatan pada tanggal-tanggal tersebut dapat memberikan hikmah dan semangat untuk lebih baik lagi. Bila ada yang kurang tepat, atau ada hari/tanggal yang terlewat, mohon diinformasikan agar bisa saya update, terimakasih, semoga bermanfaat.

2 comments for "Tanggal/ Hari-Hari Besar Nasional Pada Bulan Pebruari"

  1. Banyak orang yang merayakn hari valentine di bulan Februari, terutama mereka yang masih remaja..

    ReplyDelete
  2. Saya sendiri juga bingung atau belum paham soal dasar perayaan hari kasih sayang, soalnya sampai sekarang masih terjadi pro dan kontra

    ReplyDelete