Trik Tepat untuk Bersihkan Interior Mobil Sehingga Selalu Terlihat Baru

Advertisement
Mobil menjadi kendaraan yang saat ini banyak dibutuhkan. Alasannya tentu karena mobil ini memberikan kenyamanan yang lebih dibanding dengan motor atau kendaraan umum. Dengan punya mobil pribadi, maka pergi kemana-mana bisa lebih bebas. Meski begitu jika memiliki mobil pribadi, maka wajib sekali hukumnya untuk selalu jaga kebersihan mobil. Tentu dengan menjaga kebersihan mobil, maka akan bisa menambah kenyamanan pengguna. 
Ilustrasi. Photoright : Toby Parsons / www.pixabay.com 
Biasanya jika membicarakan tentang kebersihan mobil, maka yang langsung muncul di benak adalah kebersihan dari segi eksterior mobil. Padahal kebersihan yang dimaksud di sini juga adalah dalam kebersihan bagian interiornya. Bagian interior ini akan jadi bagian yang menentukan sekali kenyamanan penggunaan mobil. Berikut ini beberapa tips bersihkan bagian interior mobil:

1. Bersihkan jok mobil

Jok mobil tentu menjadi bagian yang penting di dalam sebuah interior mobil sehingga patut selalu dijaga kebersihannya. Jok kini sudah banyak sekali ragamnya dengan bahan yang berbeda pula. Berikut ini beberapa tips bersihkan jok mobil sesuai dengan bahannya:
  • Jok kulit asli bisa dibersihkan dengan mudah yakni hanya butuh lap kain dengan bahan yang halus, kuas berbulu halus, vacum cleaner jika punya dan juga plas chamois. Kuas dan vacum cleaner ini bisa digunakan untuk dapat membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Membersihkannya bisa dengan mengusap jok menggunakan plas chamois dimana sudah diperas sebelumnya. Jika sudah, semprot dengan cairan pembersih jika ada dan lap hingga kering.
  • Jok bahan beludru juga wajib untuk selalu dibersihkan. Caranya pun mudah meski butuh perhatian yang lebih. Beberapa alat yang wajib ada diantaranya sikat dengan kuas halus, lap dengan kain halus, cairan pembersih untuk beludru. Pertama semprot cairan pembersih ke jok yang ada dan sikat memakai sikat halus. Apabila kotoran terlalu melekat maka bisa menggunakan sikatnya. Lakukan berulang sehingga jok bersih sempurna.

2. Bersihkan dashboard mobil

Dashboard menjadi bagian di dalam mobil yang seringkali terkena paparan dari sinar matahari. Dengan demikian, maka jika tidak dirawat serta dibersihkan dengan rutin maka akan dapat timbulkan keretakan. Yang parah lagi, warna dashboard pun akan mudah pudar. Untuk itu kebersihan dashboard juga amat penting untuk bisa dipertimbangkan. Cara bersihkan dashboard pun amat mudah karena bisa menggunakan kemoceng saja dan sambil menyemprot cairan pembersih pada dashboard tersebut sambil dilap. Jangan lupa untuk bersihkan hingga ujung dan bagian yang sulit terlihat.

Dua bagian mobil tersebut merupakan bagian yang amat penting sehingga wajib selalu dijaga kebersihannya. Ternyata membersihkan interior mobil amat mudah bukan? Untuk itu jadwalkan secara rutin perawatannya sehingga bisa terjaga selalu bagian dalamnya dan menjadikan Anda sebagai pengendara pun nyaman di dalam mobil.

Advertisement

Post a Comment