Seluk-beluk Seputar Melakukan Simulasi KPR yang Perlu Anda Ketahui

Advertisement
Rumah adalah kebutuhan pokok dari setiap manusia. Orang-orang yang memiliki penghasilan tinggi tidak akan terlalu pusing memikirkan seperti apa memperoleh hunian untuk mereka, namun untuk masyarakat yang memiliki penghasilan terbatas harus benar-benar teliti merencanakan pembelian rumah. KPR merupakan solusi untuk mereka yang tidak bisa membeli rumah dengan cara tunai. Tetapi persyaratan memperoleh kredit juga masih berat untuk masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan. Umumnya mereka harus membayar uang muka sebesar 30% terlebih dulu. Butuh perencanaan yang benar-benar matang serta melakukan simulasi KPR dengan tepat.

Contohnya, Ali merupakan karyawan yang berada di sebuah perusahaan dengan penghasilan Rp 5 juta per bulannya. Ia ingin mempunyai tempat tinggal sendiri sesudah menikah, ia pun merencanakan pembelian rumah dengan cara KPR. Ia selalu menyisihkan penghasilannya, lagi pula tidak banyak kebutuhan yang harus dipenuhi karena ia belum beristri, ia pun menargetkan 3 tahun lagi harus mempunyai rumah sendiri. Tiap bulan Ali menabung Rp 2,5 juta dalam waktu 2 tahun sehingga tabungannya menembus angka Rp 60 juta, dengan ini ia ingin memperoleh rumah dengan harga 150 jt serta lama cicilan 15 tahun.
Simulasi KPR
Ilustrasi. Photoright: Nattanan Kanchanaprat / pixabay.com
Dari 60 jt, Ali mengalokasikan 45 jt sebagai uang muka dan sisanya untuk biaya lain. Ali mengetahui ketika akan mengajukan KPR, ia harus menyiapkan dana tambahan, sehingga hutang pokoknya menjadi 105 juta. Di dua tahun pertama, bank memberikan sistem bunga flat untuk cicilannya, bunga flat adalah bunga tetap, jumlah bunga yang dibayarkan tidak mengalami perubahan. Ali sudah diberi tahu. Bunga flat yang ditetapkan sebesar 5%.

Untuk perhitungan cicilannya, sisa hutang: (lama angsuran X12 bulan), serta untuk bunga dihitung dengan. Sisa hutang X bunga X 12 bulan. Dengan demikian angsurannya menjadi Rp 1,02 juta. Melakukan simulasi KPR sangat dibutuhkan agar kita mengetahui seperti apa kemampuan bayar kita dan seperti apa keadaan keuangan kita setelah melakukan pembiayaan. Jika Anda ingin melakukan simulasi dan mencari produk rumah yang memiliki harga lebih murah, Anda bisa mencari tahu melalui rumah BTN murah dan modern.

Advertisement

Post a Comment