Cara Mengetahui Keamanan Produk Kecantikan

Advertisement
Di setiap negara, pasti memiliki badan yang fungsinya untuk mengawasi standarisasi produk makanan atau kecantikan yang akan dilepas atau dijual di pasaran. Untuk negara Indonesia, keamanan barang tersebut dibawahi oleh BPOM. Nah, dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen, setiap barang diwajibkan memiliki nomor BPOM agar menandakan bahwa produk yang dijual tersebut telah lulus uji kompetensi dan sesuai dengan standarisasi keamanan yang telah diterapkan. Pembuatan label layak dari BPOM ini bukanlah perkara mudah, setiap produk dipastikan melewati banyak tahapan agar bisa mendapatkan nomor atau lulus uji standarisasi. Nah, melalui nomor BPOM ini, setiap konsumen setidaknya memiliki dasar perlindungan untuk mendapatkan barang yang layak sesuai standarisasi yang ada. Setelah itu, tinggal konsumennya mampu membedakan mana yang ada labelnya atau tidak. Disinilah manfaat dari label BPOM ini, sebagai dasar yang berarti dalam menemukan produk kecantikan yang bagus yang bisa digunakan sehari-hari.
Cara Mengetahui Keamanan Produk Kecantikan
Ilustrasi. Photoright: Pixabay.com
Penggunaan label BPOM sebagai salah satu acuan mendapatkan barang yang aman, merupakan cara yang bijak yang mesti di miliki setiap konsumen. Saat anda memilih produk kecantikan, pastikan bahwa produk yang anda pilih telah ada nomornya BPOM nya. Lalu bagaimana caranya untuk mengecek keaslian atau keabsahan nomor pada label BPOM tersebut? Dengan perkembangan teknologi yang pesat, mudah untuk mengecek hal itu. Anda bisa mengunjungi website BPOM dan masukan nomor yang tertera pada label. Disitu akan ada keterangan sudah diperiksa, belum pemeriksaan tahunan atau tidak muncul sama sekali produknya. Dari situ anda bisa menilai kelayakan produk kecantikan yang anda akan gunakan.

Nah, selain BPOM, bagi umat muslim ada label lainnya, yaitu label MUI. Mekanisme dan cara pengecekannya pun kurang lebih sama. Pembuatan label dari BPOM ataupun MUI merupakan cara dasar untuk memilih produk kecantikan yang bagus. Seiring dengan produk impor yang membanjiri pasar Indonesia, sudah selayaknya pengecekan label menjadi hal yang penting. Karena tidak sedikit penjahat impor memasukan produk yang membahayakan dan biasanya dibanderol murah.

Advertisement

Post a Comment