Simak Teknik Pengambilan Foto Produk yang Menghasilkan Gambar Menarik Menggunakan Kamera DSLR

Advertisement
Pentingnya sebuah foto produk dalam melakukan bisnis online ternyata berdampak banyak bagi transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Makanya tidak heran beberapa pebisnis online sering menggunakan kamera DSLR atau bahkan menyewa beberapa fotografer untuk sekedar mengambil gambar produk yang akan dipromosikan. Bisa dikatakan tampilan produk dalam jual beli online itu merupakan salah satu senjatanya, tanpa adanya gambar yang dihasilkan tentu bisnis tersebut tidak akan jalan. Baik itu produk makanan, minuman, pakaian atau apapun yang sering ditawarkan melalui media sosial.
Ilustrasi. Photoright: priscillatn / www.pixabay.com
Seperti misalnya pada produk makanan, teknik pengambilan gambar yang pas dan tepat tentu akan membuat siapapun yang melihat tertarik untuk mencobanya. Makanya walaupun begitu pengambilan gambar untuk sebuah bisnis juga tidak bisa sembarangan dilakukan. Perlu beberapa teknik yang harus dikuasai oleh seorang fotografer. Berikut ini beberapa teknik dalam pengambilan gambar sebuah produk yang bisa Anda praktekkan, antara lain:

1. Ambil gambar secara jelas

Akan banyak perbedaan dari reaksi orang yang melihat gambar sebuah produk dengan jelas dengan gambar yang kurang jelas. Makanya kejelasan merupakan teknik pertama ini perlu diperhatikan dalam pengambilan gambar. Sebenarnya ini berpengaruh juga dengan kamera yang digunakan tetapi apapun itu jika dilakukan dengan teknik benar hasilnya juga akan sesuai keinginan. Misalnya dari pencahayaan yang sesuai, tidak terlalu terang ataupun tidak terlalu gelap.

2. Background yang kontras dan menarik

Terkadang background sebuah foto juga akan mempengaruhi reaksi dari orang yang melihat. Makanya pastikan Anda menentukan background yang pas baik dari pemilihan warna, motif, corak atau lainnya. Misalnya produk yang akan Anda ambil gambarnya mempunyai warna terang tentu backgroundnya harus yang lebih soft supaya tidak mengalahkan warna pada produk tersebut.

3. Angle terbaik

Kemudian perhatikan angle pengambilan foto yang sesuai karena ini juga akan mempunyai pengaruh besar. Sangat disarankan Anda mengambil dari beberapa sisi yang berbeda supaya menghasilkan gambar yang jelas baik dalam jangkauan yang jauh ataupun dekat. Misalnya produk yang ditawarkan sepatu tentu harus mengambil gambar sepatu saat dikenakan, sepatu dari shoot dekat dan juga dari beberapa sisi yang menampilkan detail modelnya.

4. Manfaatkan watermark

Ini merupakan cara untuk memproteksi produk atau hasil karya yang Anda miliki. Selain itu juga para konsumen akan lebih mudah mengenal, misalnya pemberian kode produk, harga produk, nama toko online, karakteristik atau lain sebagainya.

5. Resolusi tepat

Teknik pengambilan foto tentu harus mampu menentukan resolusi yang tepat supaya dapat menghasilkan gambar sesuai dengan yang diharapkan. Untuk sekarang ini menggunakan kekuatan kamera smartphone sudah dapat dikatakan jelas. Tetapi jika menginginkan hasil foto yang maksimal bisa menggunakan kamera DSLR yang mempunyai resolusi jauh diatas kamera ponsel pada umumnya.

Advertisement

Post a Comment