Jenis-Jenis Hotel Di Indonesia Berdasarkan Lokasi

Advertisement
Tahukah Anda bahwa hotel memiliki jenis yangberbeda-beda sesuai dengan fasilitas serta kegunaan masing-masing. Setiap jenis hotel memang memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari fasilitas, design gedung, dan lain-lain. Berikut di bawah ini terdapat 5 buah jenis hotel yang biasanya dapat Anda temukan di Indonesia:
Ilustrasi. Photoright: GregoryButler / www.pixabay.com
City Hotel

City hotel adalah suatu jenis hotel yang terletak di tengah kota atau di daerah perkotaan. City Hotel juga biasanya disebut sebagai transit hotel karena orang-orang hanya menginap di dalamnya dalam jangka waktu yang pendek. Para tamu yang menginap di hotel ini datang untuk keperluan bisnis, pertemuan, seminar, dagang, serta acara resmi perusahaan. Pada umumnya, City Hotel menyediakan sarana untuk berbisnis berupa gedung bertingkat.

Motel

Motor hotel pada umumnya diperuntukkan bagi orang-orang yang berpergian sementara menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Motel biasanya terletak di pinggiran kota atau pada pinggiran jalan raya yang memang menghubungkan antara suatu kota dengan kota yang lain. Namun begitu, saat ini motel harus berani bersaing dengan resort hotel yang banyak tumbuh di daerah perkotaan.  

Resort Hotel

Jenis hotel selanjutnya adalah resort hotel yang merupakan sebuah hotel yang terletak cukup jauh dari kota yang diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi suatu pariwisata atau rekreasi. Resort hotel memiliki letak yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, seperti beach hotel dekat pantai, mountain hotel dekat gunung, ravine hotel dekat jurang, jungle hotel dekat hutan, leak hotel dekat danau, serta riverside hotel dekat tepi sungai. Salah satu resort hotel paling terkenal di Indonesia adalah Golden Tulip Jineng yang merupakan sebuah resort Bali Kuta.

Residential Hotel

Residential hotel merupakan jenis hotel yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin tinggal cukup lama. Hotel jenis ini biasanya terletak jauh dari keramaian di pinggiran kota tetapi tetap mudah mencapai tempat-tempat berlangsungnya kegiatan bisnis. Meskipunt mungkin tidak terlalu mewah, namun residential hotel dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjung.

Down Town Hotel

Down Town Hotel merupakan sebuah hotel yang berdiri dekat dengan lokasi perdagangan atau pusat perbelanjaan. Sasaran utama dari hotel ini adalah untuk mendapatkan pengunjung yang memang ingin menghabiskan waktu untuk berbelanja atau untuk menjalin hubungan perdagangan. Tidak jarang down town hotel dibangun menyatu dengan pusat perbelanjaan sehingga dapat saling menguntungkan.

Berikut di atas adalah 5 jenis hotel yang memang sangat mudah untuk Anda temukan di Indonesia. Sebenarnya, masih cukup banyak jenis hotel lainnya yang juga memiliki rancangan design dan kegunaan yang berbeda-beda. Namun begitu, tentu Anda harus bijak untuk memilih hotel yang berkualitas, harga terjangkau, serta tetap memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pengunjung.

Advertisement

Post a Comment