Pasar Saham Indonesia Dengan Basis Syariah

Advertisement
Uang di dalam Islam adalah alat tukar, bukanlah alat untuk menimbun kekayaan. Oleh karena uang di dalam Islam haruslah terus berputar. Salah satu kegiatan yang dapat memutarkan uang adalah dengan melakukan jual beli, bersedekah, membayar zakat, hingga ke melakukan investasi. Berbicara mengenai investasi, adalah suatu ketidakpastian. Kenapa dianggap sebagai sesuatu ketidakpastian? Karena kita tidak dapat memperkirakan kapan kita akan mendapatkan keuntungan, kita hanya berspekulasi. Sedangkan di dalam Islam sendiri spekulasi itu tidak diperbolehkan karena sama dengan berjudi. Akan tetapi bagaimana caranya orang Islam ingin berinvestasi? Apakah tidak boleh? Sebenarnya, boleh saja, karena sekarang pasar saham Indonesia sudah ada yang melakukannya dengan sistem syariah, dengan nama pasar saham syariah.
Pasar Saham Indonesia Dengan Basis Syariah
Ilustrasi. Photoright: Csaba Nagy / www.pixabay.com
Dalam pasar saham yang menggunakan sistem syariah, maka segala sesuatunya diatur dengan sistem yang berlandaskan kepada al-qur’an dan juga hadis. Bagaimana investasi yang berstandar syariah islam itu? Berikut penjelasannya:

1. Dari segi emiten

Emiten yang tergabung dalam pasar saham syariah ini adalah emiten-emiten yang juga menjual produk-produk halal. Sehingga menghindarkan para investor dari melakukan investasi pada produk haram. Jika dalam pasar saham syariah tidak disaring mana yang menjual produk halal dan mana yang menjual produk haram, maka itu akan menodai transaksi, dan investasinya tidak akan sesuai dengan syariat Islam.

2. Kejelasan transaksi

Transaksi juga menjadi jelas, dan transparansi sangat dijunjung tinggi, sehingga apra investor maupun emiten tetap aman ketika berinvestasi di pasar saham syariah.

3. Tidak merugikan orang lain

Di dalam Islam, landasan atau syarat terjadinya jual beli salah satunya adalah adanya rasa ridho dari kedua belah pihak, maka dari itu, dalam apsar saham syariah sangat dijauhkan dari merugikan orang lain. investasi yang terjadi ditujukan untuk saling menguntungkan.

Oleh karena itu bagi anda umat Islam yang ingin berinvestasi pada ranah pasar saham, maka sekarang anda tidak perlu lagi risau karena pasar saham indonesia sudah ada yang basis syariahnya sehingga dijamin halal dan sesuai dengan syariat. Untuk berita bisnis terbaru hari ini tentang saham anda bisa membaca di situs berita bisnis.

Advertisement

Post a Comment