Tips Hemat Listrik di Rumah

Advertisement
Listrik adalah kebutuhan pokok setiap rumah saat ini, semua perangkat elektronik membutuhkan daya listrik untuk dapat digunakan. Namun bagaimana jadinya jika tagihan listrik rumah membengkak karena pemakaian listrik kita yang kurang bijak. Omong-omong juga hemat listrik merupakan salah satu cara kamu agar bisa berkontribusi untuk menekan laju pemanasan global lho. Sehingga dengan berhemat listrik kamu dapat mengurangi pembakaran fosil dan mengurangi pelepasan gas efek rumah kaca yang membuat pemanasan global. Maka dari itu penting bagi kamu untuk hemat listrik mulai sekarang, selain tagihan listrik lebih minimal, kamu juga berkontribusi untuk lingkungan. Untuk itu, simak berikut beberapa tips hemat listrik di rumah.

Pertama, gunakan penerangan sinar matahari pada siang hari. Usahakan siang hari untuk penerangan di dalam ruangan kamu menggunakan penerangan yang berasal dari sinar matahari. Caranya dengan membuka seluruh jendela rumah kamu dan jangan lupa buat sinar matahari dapat masuk menembus seluruh ruangan rumah. Selain hemat energi listrik untuk lampu, penerangan menggunakan sinar matahri membuat rumah kamu lebih sehat. Banyak virus dan bakteri yang tersebar di dalam ruangan rumah kamu bisa dimatikan dengan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan bakteri ataupun virus karena sinar matahari akan mematikannya.

Kedua, matikan alat elektronik yang tidak terpakai. Seringkali kita membiarkan banyak perangkat elektronik menyala meskipun sedang tidak dipakai. Kebiasaan tersebut sepertinya harus kamu rumah, karena selain memebuat pemakaian listrik membengkak umur perangkat elektronik juga akan lebih pendek. Perangkat elektronik yang terlalu sering dipakai tanpa dimatikan akan jauh lebih cepat rusak daripada perangkat yang diistirahatkan. Jika perlu kamu beri stiker peringatan di setiap perangkat elektronik rumah atau saklar agar setiap orang tidak lupa mematikan perangkat elektronik ketika selesai dipakai.
Ketiga, pakai perangkat elektronik hemat energi. Dengan menggunakan perangkat elektronik yang hemat energi kamu dapat memangkas penggunaan daya listrik yang besar. Umumnya perangkat elektronik rumah tangga buatan baru didesain lebih hemat energi daripada perangkat yang lebih tua. Oleh karenanya, ada baiknya kamu mengganti perangkat elektronik dengan perangkat elektronik terbaru. Salah satunya dengan mengganti semua perangkat yang sebelumnya menggunakan LCD sekarang menggunakan LED. Penggunaan teknologi LED dapat memangkas penggunaan listrik yang besar dan tentunya perangkat LED jauh lebih awet daripada perangkat generasi sebelumnya.

Kebetulan jika kamu ingin memperbarui alat elektronuk rumah tangga termasuk lampu LED, atau TV LED kamu dapat membelinya di Electronic Solution. Toko elektronik terpercaya Electronic Solution melalui ES.id menyajikan berbagai pilihan TV LED yang dapat kamu cek disini. Selain TV LED, ES.id juga menyediakan perangkat elektronik lainnya dengan jaminan barang bergaransi resmi dan jika kamu penasaran dengan katalognya buruan cek disini. Buruan pangkas biaya  penggunaan listrik rumah kamu sekarang juga dengan perangkat terbaru hanya di ES.id sekarang juga.

Advertisement

Post a Comment