Mengenal Seluk Beluk Mouse Gaming bagi Para Gamers Sejati

Advertisement
Apa itu mouse gaming? Apakah Anda sudah mengetahui produk barang yang satu ini? Jika belum, silakan baca sedikit uraian di bawah ini semoga menambah bermanfaat. Perlu diketahui bahwa produk ini berkaitan dengan perangkat keras (hardware) dari personal computer (PC). Anda mungkin di rumah sudah memiliki PC, berarti mengenal mouse. Salah satu hardware komputer ini berfungsi untuk menggerakkan dan mengaplikasikan kursor saat sistemnya menyala.

Nah, mouse seperti itu juga ada yang khusus didesain untuk aktivitas gaming. Kegiatan bermain game baik secara offline maupun online. Sekarang, gaming sudah begitu populer di tengah masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya. Baik pria atapun wanita dapa memainkan game seperti yang diinginkan. Pasalnya, cukup banyak jenis, macam, ataupun genre game yang ditawarkan oleh pihak yang membuatnya. Apalagi sebagian besar diantaranya dapat dimainkan secara gratis alias tidak membayar.
Untuk dapat memainkan game di perangkat PC atau laptop yang lebih santai sekaligus menyenangkan,  memang harus didukung oleh perangkat hardware bagus. Salah satunya adalah mouse gaming yang dapat Anda beli sekarang juga.

Mengapa perlu memakai mouse gaming?

Anda yang masih awam dalam permainan game offline atau online mungkin akan menanyakan hal tersebut. Anda yang sudah memakai laptop atau notebook untuk gaming sebenarnya bisa memanfaatkan mouse internal atau bawaan dari pabrikan. Namun demikian, tentu saja untuk beraktivitas gaming kurang maksimal. Kecuali, Anda hanya mengaplikasikannya untuk pekerjaan rumah, kantor, atau yang bersifat standar. Sementara untuk gaming, seharusnya Anda memasang yang khusus untuk bermain game.

Sementara bagi Anda yang menggunakan PC untuk gaming, memang perlu memilih dan memasang lagi mouse gaming. Sepertinya tidak ada masalah untuk memasang satu mouse lagi di PC karena masih ada port USB tersisa. Namun jika tak ada sisa, Anda bisa memasang sambungan kabel USB yang diparalel, sehingga dapat memasang mouse tambahan lagi.

Bagaimana spesifikasi mouse gaming yang direkomendasikan?

Mouse khusus gaming pada umumnya berukuran kurang lebih sama dengan mouse-mouse standar yang banyak dijual di pasaran. Perbedaannya, mouse untuk gaming memiliki berat lebih ringan. Dengan begitu, Anda akan mudah memegang dan nyaman menggunakannya dalam bermain game, meskipun begitu lama atau berjam-jam. 

Selanjutnya, mouse gaming direkomendasikan yang wireless atau tanpa kabel. Mouse wireless seperti ini begitu nyaman saat digunakan. Anda pun tak perlu mengkhawatirkan lilitan kabel mouse yang mungkin cukup menjengkelkan, apalagi yang memiliki kabel keras atau tidak lentur. Oleh karena itu, silakan Anda memilih mouse tanpa kabel saat gaming. Namun sebelumnya, Anda perlu menginstal terlebih dulu di perangkat PC atau laptop yang dimiliki.

Sementara untuk fasilitas dan fitur mouse-nya, sama seperti mouse pada umumnya. Ada dua tombol klik yang bisa difungsikan. Selain itu, terdapat scroll untuk memudahkan Anda dalam mengaplikasikan ke atas dan ke bawah. Bagi Anda yang sudah expert di aktivitas gaming, pasti sangat paham mengenai mouse gaming. Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya tidak ada salahnya bertanya kepada mereka yang sudah profesional dan berpengalaman.

Di  mana bisa membeli mouse gaming yang berkualitas bagus?

Sebenarnya sangat mudah untuk membeli mouse khusus gaming seperti ini. Anda bisa membelinya di toko-toko komputer yang juga menjual hardware khusus gaming. Biasanya, toko komputer yang cukup besar menjualnya lumayan lengkap. Anda sebagai konsumen juga bisa memastikan dulu apakah toko komputer terkait menjualnya atau tidak. Anda bisa menghubunginya melalui via telepon dulu.

Jika ingin segera menikmati mouse gaming dengan kriteria seperti diinginkan, silakan segera ke toko yang khusus menjual berbagai pernak-pernik game. Anda yang berdomisili di kota besar tentu mudah menemukannya. Bagi Anda yang kesulitan menemukannya, cari saja secara online di dunia maya. Manfaatkan search engine atau mesin pencari berbasis internet yang sangat mudah menggunakannya.  Anda cukup membuka salah satu situs search engine, lalu mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu, seperti ‘mouse gaming’. Tunggu beberapa saat hingga dikeluarkan beberapa informasi pada alamat website, blog, atau jejaring sosial media. Selanjutnya, silakan membuka satu per satu untuk menemukan informasi tersebut.

Sangat mungkin ada pihak penjual mouse gaming yang menawarkannya secara online di dunia maya. Anda pun bisa menghubunginya, berkonsultasi, dan memilih mana mouse khusus gaming yang cocok untuk dipakai. Pasalnya, pemilihan mouse juga perlu memperhatikan spesifikasi PC atau laptop gaming secara keseluruhan. Oleh karena itu, jangan pernah malu dan ragu untuk mengkonsultasikannya.

Berapa harga mouse gaming di pasaran sekarang?

Jika Anda menanyakan perihal harganya, tentu saja bervariasi. Pasalnya, berbeda merk mouse sangat mungkin dibandrol dengan harga berbeda. Mulai dari harga puluhan hingga ratusan ribu per satuannya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada yang dibandrol dengan harga lebih dari sejuta karena kualitasnya benar-benar terjamin. Harga hardware komputer secara umum dipengaruhi oleh kualitas produk barangnya. Jadi, semakin bagus kualitas dari mouse maka berbanding lurus dengan harganya. Oleh karena itu, Anda memang perlu mengetahui kualitas mouse yang ingin dibeli selain harganya. Untuk dapat mengetahui kualitasnya, Anda bisa membaca fasilitas dan fitur di label kemasannya. 

Untuk lebih jelasnya lagi, tanyakan langsung kepada pihak penjualnya. Pihak yang dimaksud mungkin memiliki atau mengelola sebuah toko komputer baik di dunia nyata atau dunia maya. Jika sempat, kunjungi saja tokonya secara offline sehingga bisa melihat dan memegang sendiri mouse gaming yang akan dibeli. Berbeda bagi Anda yang tak ada waktu atau memang benar-benar berdomisili cukup jauh dari lokasi toko komputer yang bersangkutan. Disarankan untuk menghubunginya secara online. Sama-sama dapat menghubungi dan berkonsultasi langsung, tetapi dari jarak jauh. 

Setelah Anda mengetahui detail harga dari beberapa mouse gaming yang dijual, silakan untuk memilih mana yang cocok dibeli. Jangan hanya ikut-ikutan orang lain saat membelinya. Belum tentu mouse yang dipilih orang lain cocok Anda gunakan. Lebih baik memilih dengan kriteria sendiri yang penting cocok dan nyaman saat menggunakannya. Itulah yang disebut konsumen cerdas dan bijaksana.

Pilihlah mouse gaming yang berkualitas bagus

Seperti yang diuraikan di atas bahwa kualitas dari mouse gaming yang dijual sangat mempengaruhi nominal harga bandrolannya. Anda yang hanya memiliki budget atau anggaran uang pas-pasan tentu saja akan memilih harga mouse yang lebih murah karena sesuai dengan kondisi keuangannya. Namun demikian, direkomendasikaan Anda tetap memilihnya yang berkualitas bagus. 

Anda tak akan merugi jika membeli mouse gaming berkualitas bagus karena tidak cepat rusak atau lebih tahan lama. Lebih bagus lagi jika harganya dibandrol cukup bersahabat, sehingga dapat segera membelinya. Lalu pertanyaannya, apakah ada yang menjual mouse gaming denga harga murah tetapi kualitasnya tidak murahan? Tentu saja, Anda bisa menemukannya dengan cara-cara seperti yang dituliskan di atas. Oleh karena itu, jangan menunggu lebih lama lagi untuk segera menindaklanjuti informasi yang diberikan ini.

Advertisement

Post a Comment