Kriteria Hotel Murah di Yogyakarata Yang Perlu Diketahui

Advertisement
Menyebut nama Yogyakarta yang paling diingat barangkali sebutan lainnya, Kota Pelajar dan Kota Budaya. Ya, sebutan itu begitu melekat, selain sebutan mudah lain: Jogja. Selain keraton dan banyaknya kampus atau tempat pendidikan, yang perlu diketahui juga adalah banyaknya tempat wisata yang berada di Yogyakarta, baik wisata buatan mapun wisata alam. Maka dari itu tidak sedikit orang yang meluangkan waktu mereka untuk berpuas diri menikmati Jogja dengan bermalam beberapa hari demi terpuaskannya hasrat wisata dan menikmati Jogja lebih lama.

Banyak yang bilang kalau untuk mendapatkan hotel yang bagus dengan fasilitas memuaskan dibutuhkan dana yang besar alias hotel mahal, tidak salah memang, tapi pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Dengan semakin bertambahnya jumlah hotel secara tidak langsung juga bertambah persaingan dalam hal fasilitas dan pelayanan. Maka tidak mengherankan bila sekarang banyak dijumpai hotel murah tapi tidak murahan di Yogyakarta.
Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta. Source: www.misteraladin.com
Setiap orang mungkin berbeda dalam menentukan kriteria mengenai hotel murah, tapi paling tidak ada beberapa hal yang bisa disimpulkan mengenai kriteria hotel murah di Yogyakarta khususnya. Berikut ini beberapa kriterianya:

Harga terjangkau

Bicara hotel murah, tentu saja yang berkaitan adalah soal harga. Sudah barang tentu hotel yang murah adalah hotel dengan harga yang terjangkau. Dengan banyaknya pilihan hotel yang ada, tentu tinggal dilihat fasilitas yang diberikan, selisih harga sedikit tidak masalah yang penting bisa memberi rasa aman dan nyaman. Namun perlu digaris bawahi bahwa harga tetap sesuai dengan kemampuan dan sebisa mungkin mendapatkan hotel sesuai dengan keinginan.

Fasilitas lengkap

Fasilitas lengkap merupakan kriteria lain yang harus ada, lengkap disini bukan berarti harus seperti fasilitas di hotel mewah, tapi lebih kepada pemenuhan fasilitas standar yang diperlukan para tamu. Misalnya WiFi, keamanan 24 jam, pelayanan yang ramah, fasilitas untuk ibadah, kebersihan yang terjaga, dll. Intinya segala sesuatu yang membuat nyaman selama tamu tinggal di hotel tersebut.

Akses yang mudah

Setiap orang tentu menginginkan segala sesuatu menjadi mudah, begitu juga untuk akses transportasi atau akses menuju tempat wisata. Kemudahan akses menjadi faktor yang berpengaruh terhadap pengeluaran, karena berpengaruh terhadap besar kecilnya biaya yang harus dikeluarkan. Semakin mudah akses maka semakin murah biaya yang diperlukan.

Kemanan yang terjamin

Pastikan bahwa hotel tempat menginap memberikan jaminan kemanan selama 24 jam. Tentu saja tidak ada yang ingin barang berharga yang dimiliki hilang, bukan? Karena kerugian saat kehilangan barang akan berpengaruh terhadap besar kecilnya kerugian materi yang diderita.

Selain itu, kemanan yang terjamin juga bisa memberi rasa nyaman, sehingga saat meninggalkan kamar hotel untuk menikmati keindahan kota maupun saat berkunjung ke tempat wisata tidak terbebani pikiran karena meninggalkan barang berharga di hotel.

Hotel murah di Yogyakarta memberikan alternatif tempat menginap yang nyaman dengan harga yang terjangkau, sehingga tak perlu berfikir panjang ketika harus berlama-lama di kota Jogja. Kriteria hotel murah yang saya sampaikan diatas semoga saja bisa memberikan gambaran tentang pilihan hotel yang tepat saat menginap di Yogyakarta. Cari saja, banyak hotel murah di Yogyakarta yang memenuhi kriteria tersebut diatas.

Ada sedikit tips agar dapat menikmati liburan dengan puas, ada baiknya liburan dilakukan saat cuti atau hari-hari selain hari libur atau akhir pekan. Kenapa demikian? Karena saat libur atau akhir pekan biasanya hotel murah yang ada telah dipesan banyak orang, kalau pun tersedia mungkin saja lokasinya tidak sesuai dengan kriteria hotel murah diatas. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment