Baca Tips Ini Dulu Sebelum Mencari Kost

Advertisement
Untuk menjadi seorang perantau karena suatu hal yang harus dijalankan terkadang menjadi hal yang berat dan enggan dilakukan. Tapi demi impian bersama dengan terpaksa kamu harus meninggalkan kampung halaman.
Ada banyak orang-orang yang merantau dengan tujuan yang berbeda-beda, salah satunya mereka yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi dan berstatus sebagai mahasiswa baru. Tantangan yang dihadapi pun semakin banyak. Ini adalah langkat utama dimana kamu beranjak dari remaja dan tidak bergantung kepada orang tua untuk menjadi pribadi yang mendiri.

Menjadi anak kuliahan berarti kamu harus bisa mengatur diri sendiri mulai dari waktu hingga pengelolaan uang saku. Tantangan lain yang lebih berat yaitu kamu harus bisa menemukan kost untuk tempat tinggal selama berada di tempat perantauan dan bisa beradaptasi dengan lingkungan. Ketika masih berada di rumah, saat bangun tidur ada yang bangunin, saat makan sudah disiapkan, pakaian sudah ada yang mencuci dan merapikan, dll.

Namun ketika sudah tinggal di kost hal ini harus kamu tinggalkan dan memang bukan waktunya lagi untuk bergantung kepada orang-orang rumah dan mustahil terjadi karena jaraknya jauh, kecuali by phone. Jika sudah nge-kost, kamu harus bisa bangun sendiri, mencuci dan setrika pakaian sendiri, mengurus makan sendiri, dan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Sebelum sewa kost, sebaiknya baca terlebih dahulu beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman khususnya bagi mahasiswa baru.

1. Lakukan Pencarian Lebih Awal

Jika pengumuman sudah keluar dan kampus memutuskan kamu diterima disana, biasanya ada jeda untuk melakukan pendafaran ulang mahasiswa baru. Dari waktu itulah sebaiknya kamu cari terlebih dahulu kost-kostan dibandingkan dengan mahasiswa lain.

Biasanya jumlah kost yang dekat dengan kampus sangat terbatas sedangkan peminat begitu banyak, alhasil bisa saja kamu dapat kost yang jauh dari kampus dan hal ini terkadang memberatkan apalagi yang tidak mempunyai kendaraan, yang ahirnya angkutan umum setiap hari kamu gunakan dan hal ini yang bisa membuat penglolaan uang saku mu melunjak.

Dengan mencari kost lebih awal, selain belum terlalu penuh kamu pun bisa mengetahui tarif sewa kost dan membandingkannya dengan kost lain. Jika sudah memiliki kost yang tepat sebaiknya langsung booking sebelum didahului mahasiswa lain. Ada cara lain yang lebih efektif yaitu gunakan aplikasi kost online yang membuat kamu tidak perlu datang langsung ke tempat, setidaknya kamu bisa lihat-lihat dari jarak jauh.

2. Kumpulkan Info Kost yang ada di Sekitar Kampus

Jika ada saudara, keluarga atau temanmu yang tinggal di kota tersebut, kamu bisa bertanya kepada meraka terkait kost yang ada di sekitar kampus. Tanyakan informasi mulai dari harga kost, lokasi di sebelah mana kampus, dan tanyakan di sekitarnya ada sarana/prasarana apa saja.

Selain bertanya kepada keluarga atau teman, sebuah layanan aplikasi kost menyediakan informasi lengkap dan akurat. Kamu bisa langsung menghubungi admin mamikos untuk informasi selengkapnya. Ada banyak fitur demi kemudahan pencarian kost di berbagai kota besar di Indonesia.

3. Cari Bareng Teman

Jika temanmu SMA atau teman lama kamu juga kuliah di kampus yang sama atau satu daerah, kamu bisa cari bareng temanmu sendiri. Selain ada temannya, kamu gak bakalan kayak orang ilang jalan-jalan sendiri kesana kemari cari info kost yang nyaman. Supaya sama-sama enak kamu bisa bagi tugas misalnya, pembagian pencarian kost di berbagai titik sekitar kampus, atau ada yang menyediakan transport, konsumsi, atau data melalui internet.

4. Jangan Mengabaikan Hal-hal Kecil

Pastikan kebutuhan dasar ketika nge-kost sudah terpenuhi. Maksudnya seperti apa? pastikan kost yang akan kamu huni menyediakan tempat tidur yang nyaman, kamar mandi yang bersih, mudah menjangkau tempat yang akan kamu butuhkan sehari-hari seperti rumah makan, mini market, counter pulsa, tempat fotokopi, hingga warung kelontong.

Hal-hal sepele namun penting ini harus kamu perhatikan saat mencari kost. Misalnya kosan Jakarta. Selain itu karena kebutuhan sekarang berhubungan dengan dunia internet, pastikan sinyal operator yang kamu gunakan untuk mengakses internet sangat mendukung, pemilik kost yang ramah, teman kost yang solid, dll demi kenyamanan selama tinggal di tempat rantauaun.

5. Hindari Kost Bebas atau Campur

Kost bebas atau Kost Campur memiliki citra yang kurang baik di mata masyarakat. Kamu harus percaya bahwa tinggal di kost bebas tidak akan nyaman, belum lagi risih melihat kebebasan yang dilakukan oleh tentangga kamarmu. Kecuali memang tidak ada kost lain, dan memang kost-kost lain sudah penuh dan tidak ada pilihan lain, hal ini bisa kamu jadikan alternatif terakhir.

Kost Campur adalah kost yang dihuni oleh pria dan wanita meskipun. Sebaiknya jika kamu seorang perempuan pilihlah kost khusus putri, dan jika kamu laki-laki pilihlah kost yang khusus putra. Tapi untuk kost bebas biasanya kost yang menyediakan akses kunci 24 jam. Kost seperti ini masih bisa ditolelir tapi kembali lagi ke keamanan dan kenyamanan kost, benar-benar 24 jam atau bebas bisa dihuni putra dan putri.

6. Pilih Kost yang Pembayarannya per bulan

Sebaiknya pilih kost yang menyediakan fasilitas pembayaran perbulan. Ada banyak pengelola kost yang menawarkan pembayaran per tahun hal ini untuk mengikat supaya anak kost tidak mudah pindah kost dan meningkatkan pendapatan. Hal ini sebaiknya kamu hindari bila tidak yakin untuk tinggal di kost tersebut.

Meskipun lebih mahal, agar tidak menyesal sebaiknya pilih kost dengan pembayaran per bulan. Jika sudah tidak betah kamu kan bisa pindah tanpa ada ikatan kost dengan waktu yang lama.

Itulah beberapa Tips yang harus kamu perhatikan Sebelum Mencari Kost. Jangan lupa untuk mendapatkan info kost lebih mudah menggunakan aplikasi kost online atau kunjungi mamikos.com

Advertisement

Post a Comment