Tips Efektif supaya Tanah Cepat Laku Terjual

Advertisement
Tanah adalah salah satu jenis properti yang harganya kian hari kian melambung tinggi. Bagi sebagian orang, tanah merupakan harta yang tak ternilai harganya. Namun, ada beberapa hal yang mengharuskan seseorang menjual tanahnya, misalnya ada keperluan penting yang memerlukan biaya banyak dan adanya keinginan untuk membeli tanah yang lebih baik atau lebih luas.

Nah, agar tanah yang Anda jual cepat laku, beberapa tips di bawah ini bisa Anda coba.

1. Keabsahan Tanah Harus Jelas

Ya, poin pertama dan paling utama dalam jual tanah adalah keabsahan tanah yang jelas. Keabsahan tanah menunjukkan kepemilikan atas tanah tersebut. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya sertifikat tanah. Tanah yang belum ada sertifikatnya atau tanah yang kepemilikannya belum jelas secara hukum akan lebih sulit terjual. 
Ikustrasi. Photoright:/unsplash.com/@gusruballo
Jika tanah yang akan dijual belum jelas legalitasnya, sebaiknya lengkapi dahulu dokumen-dokumen penting yang menunjukkan kepemilikan dan legalitas tanah tersebut. Jangan sampai calon pembeli mendapati bahwa tanah yang akan dijual merupakan tanah yang belum jelas hak miliknya. Hal tersebut akan memicu pandangan negatif mereka terhadap tanah yang Anda miliki.

2. Sesuaikan Harga di Iklan dengan Harga Tanah Saat Ini

Sebelum menjual tanah milik Anda, sebaiknya Anda melakukan survei kecil-kecilan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai harga tanah saat ini. Jangan menaruh harga yang terlalu tinggi dan jangan pula menaruh harga yang terlampau rendah. Namun, sesuaikan dengan harga jual tanah saat ini.

Dalam menaruh harga dalam iklan, pastikan harga tersebut sesuai dengan kondisi tanah yang Anda miliki. Jangan memberi harga yang terlampau rendah jika ternyata Anda memiliki tanah yang luas, letaknya strategis, dan memiliki banyak kelebihan. Sebaliknya, jangan pula mematok harga yang terlalu tinggi jika ternyata tanah yang Anda miliki berdaya jual rendah.

3. Cari Kelebihan Tanah yang Anda Jual

Jika hendak menjual tanah, sertakan keterangan yang menarik di iklan. Iklan dengan keterangan yang bagus akan menarik minat orang-orang untuk membaca, bahkan membelinya. Kalimat tambahan yang bisa Anda tuliskan, misalnya tanah luas dengan lokasi dekat perumahan, tanah luas dekat dengan pusat perbelanjaan, atau tanah dekat dengan tempat wisata.

Kelebihan-kelebihan semacam itu menjadi salah satu nilai tambah bagi tanah yang Anda jual. Silakan cari kelebihan tanah milik Anda dan sertakan dalam iklan. 

4. Manfaatkan Situs Jual Beli Online

Pada zaman yang serba modern ini, telah tersedia situs jual beli online di internet. Bahkan, telah ada situs untuk jual tanah dan rumah, lo. Jadi, jangan gunakan laptop dan smartphone untuk kepentingan hiburan semata. Manfaatkan laptop dan smartphone itu untuk menjual tanah melalui situs jual beli online.

Menjual tanah melalui situs jual beli online tidaklah sulit. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Yang pertama, pastikan bahwa situs jual beli online tersebut memiliki kredibilitas yang baik. Jangan beriklan di situs jual beli online yang masih baru atau belum dikenal publik.

Yang kedua, Anda harus menyiapkan foto-foto terbaik dari tanah yang akan dijual. Tonjolkan kelebihan tanah melalui foto yang bagus. Ketiga, cantumkan keterangan dengan detail. Misalnya, keterangan luas tanah, legalitas tanah, lokasi, dan kelebihan tanah.

Yang keempat, cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh calon pembeli. Dengan begitu, calon pembeli akan lebih mudah dalam menghubungi Anda dan tanah pun akan lebih mudah terjual.

5. Malas Memakai Cara Modern? Pakai Cara Lama Juga Boleh

Sah-sah saja kok jika Anda ingin mengiklankan tanah Anda melalui cara lama, misalnya selebaran dan iklan kolom di koran. Namun, dalam beriklan dengan cara lama, ada beberapa hal juga yang patut untuk diperhatikan. Jika ingin mengiklankan tanah dengan selebaran, pastikan semua informasi penting masuk di dalamnya, misal informasi tentang luas tanah, legalitas tanah, lokasi, kelebihan tanah, dan nomor telepon Anda.

Kemudian, jika Anda memutuskan untuk beriklan melalui media cetak, misalnya koran, Anda wajib memilih media cetak yang memiliki kredibilitas bagus. Jangan beriklan di media cetak yang tidak terlalu dikenal oleh publik. Jika publik saja jarang membaca media cetak tersebut, lalu siapa yang akan membaca iklan Anda? Bukankah hal tersebut sia-sia?

6. Boleh Bekerja Sama dengan Agen Jual Beli Tanah yang Tepercaya

Jika tidak memiliki waktu untuk mengurus proses penjualan tanah, Anda bisa meminta bantuan kepada agen jual beli tanah. Namun, pastikan memilih agen yang tepercaya. Ketika sudah memutuskan untuk bekerja sama dengan agen jual beli tanah atau properti, maka Anda sepenuhnya akan memercayakan urusan penjualan tanah Anda kepada mereka. 

Jadi, cari tahu dulu kredibilitas agen sebelum Anda memutuskan akan bekerja sama. Caranya, bisa dengan melakukan tanya jawab dengan mereka. Atau, Anda juga bisa meminta rekomendasi dari orang terdekat yang berpengalaman dalam menjual tanah.

7. Letakkan Papan Bertuliskan “DIJUAL” di Depan Tanah Anda

Agar tanah cepat laku terjual, sebaiknya Anda juga memasang sebuah papan yang bertuliskan “DIJUAL” di depan tanah milik Anda. Pastikan tulisan tersebut berukuran besar, sehingga mudah terbaca oleh siapa saja yang melewatinya.

Selain tulisan “DIJUAL”, sertakan juga luas tanah dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Dengan cara ini, jika ada orang yang melewati tanah Anda dan berminat untuk membelinya, mereka bisa menghubungi Anda dengan mudah. 

Nah, itulah 7 tips mudah agar tanah bisa cepat laku terjual. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang hendak menjual tanah.

Advertisement

Post a Comment